Waspada
Waspada » Klopp: Salah Bukan Striker Egois
Olahraga

Klopp: Salah Bukan Striker Egois

Mohamed Salah (foto tengah) bukan striker egois  seperti yang kerap dituduhkan terhadap striker di Liverpool tersebut.(Goal)

LONDON (Waspada): Manajer Jurgen Klopp mengatakan Mohamed Salah (foto tengah) bukan striker egois  seperti yang kerap dituduhkan terhadap striker di lini depan Liverpool.

“Seminggu lalu orang berbicara tentang Salah egois. Mo Salah bukan striker egois atau lebih egois dari yang seharusnya,” klaim Klopp melalui Independent, Selasa (4/2).

“Dia seorang penyerang di posisi yang tepat. Kami telah melihat saat dia mencetak gol di antara empat pemain dan menemukan atap gawang,” tambah pelatih asal Jerman tersebut.

Salah merupakan juru gedor andalan Si Merah sejak didatangkan dari AS Roma pada musim 2017/2018. Gelar pencetak gol terbanyak Liga Premier pun mampu diraih bomber berpaspor Mesir itu dalam dua musim terakhir.

Namun banyak orang menilai Salah egois saat berada di depan gawang, bahkan pernah membuat kecewa tandemnya Sadio Mane (foto kanan). Beda sekali dengan Roberto Firmino (foto kiri) yang lebih suka menjadi pengumpan dibanding penyelesai serangan.

Klopp menepis asumsi itu dengan berkaca pada penampilan Salah saat The Reds menggunduli Southampton 4-0 akhir pekan lalu pada matchday Liga Premier di Stadion Anfield.

Salah mencetak dua gol ke gawang Southampton dan terlibat secara kolektif dalam permainan The Anfield Gank. Bahkan beberapa kali bomber berumur 27 tahun itu memberikan umpan kepada rekannya agar dapat membuat gol.

Begitu pula saat Liverpool membungkan West Ham United 2-0 di London Stadium. Salah jadi kreator dari gol kedua The Reds yang dicatat Alex Oxlade-Chamberlain. Secara keseluruhan Salah telah membuat sembilan assist di seluruh kompetisi musim ini bagi Liverpool.

“Lalu ketika Anda tidak mencetak skor, orang mengatakan Anda seharusnya mengoper di sini atau sana,” sentil Klopp.

“Dia sangat tidak egois (melawan Southampton) dan mendapatkan bola kembali, sehingga bisa mencetak gol,” tambah mantan pelatih Borussia Dortmund dan FSV Mainz tersebut.

Mane Lebih Baik

Lain halnya dengan statement Klopp yang mengatakan Salah bukan striker egois, namun menurut Darren Bent, mantan striker Timnas Inggris, Salah bukanlah pemain yang berpengaruh besar terhadap permainan tim, jika dibandingkan dengan Mane dan Firmino.

“Kami tahu dia (Salah) mencetak banyak gol dan dia pemain top. Dua Sepatu Emas, Penghargaan Pemain Terbaik, pemenang Liga Champions, dan akan menjadi pemenang Liga Inggris, penghargaan ada di sana,” beber Bent.

“Tapi ketika Anda melihat permainannya secara umum, saya harus mengatakan Mane lebih baik darinya,” tuding mantan penyeran Tottenham Hotspur, Sunderland dan Aston Villa itu.

Bent menilai, Mane kerap menciptakan ruang dan peluang, juga kerap memberikan umpan dan tidak bermain egois. Sedangkan Firmino dianggapnya sebagai pemain yang merekatkan tim.

“Dia (Salah) mungkin mencetak lebih banyak gol daripada Mane. Tetapi tingkat kerja Mane untuk tim, dia tidak egois, selalu mencari orang lain terlebih dahulu. Jadi Anda tidak bisa menjual Mane, dia sangat penting,” tegas Bent.

“Firmino, kita tahu dia tidak mencetak banyak gol, tapi dia lem, dia menghubungkan semuanya. Dia membawa pemain masuk, berpegangan pada bola, dia fantastis,” pungkasnya. (m15/ind/tt)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2