Waspada
Waspada » Klaim Barca Beruntung Punya Koeman
Olahraga

Klaim Barca Beruntung Punya Koeman

Marca

MADRID (Waspada): Jordi Cruyff, putra legenda Barcelona Johan Cruyff, mengklaim mantan klubnya itu beruntung punya pelatih Ronald Koeman (foto kanan) yang telah memiliki banyak pengalaman dan prestasi.

“Koeman adalah pelatih yang berprestasi. Juga harus diingat, dia datang pada saat klub ini berada dalam situasi yang sulit,” ucap Cruyff, seperti dikutip dari Marca, Selasa (30/3).

“Ada banyak perubahan komposisi pemain, ada masalah keuangan dan masalah institusional. Saya merasa bahwa dinamika merupakan sesuatu yang penting dalam sepakbola,” tambah pria Belanda berusia 47 tahun tersebut.

Manajemen Barcelona menunjuk Koeman sebagai pelatih yang menggantikan Quique Setien yang dinilai gagal jelang berakhirnya musim 2020/2021.

Dia sempat gagal membawa Lionel Messi cs menunjukkan performa mengesankan dan Barca bahkan menutup tahun 2020 dengan menempati posisi keenam di klasemen La Liga.

Perlahan tapi pasti, Los Cules mulai menunjukkan performa mengesankan dan kini bertengger di peringkat dua. Barca malah mampu melalui delapan pertandingan terakhirnya dengan sempurna alias selalu menang, teraktual menggasak Real Sociedad 6-1.

“Namun bisa kita lihat bahwa Barcelona saat ini sudah mulai pulih di bawah kepemimpinannya. Saya percaya bahwa semua kerja keras akan menuai hasilnya,” klaim Cruyff.

“Saya yakin dia akan membawa klub ini meraih kesuksesan. Sebagai mantan pemain, dia mengenal dengan baik klub ini dan itu keuntungan tersendiri baginya,” tambah putra mendiang Johan Cruyff yang membela Barca pada 1994-1996 tersebut.

Bek muda Oscar Mingueza pun mengharapkan Koeman tetap melanjutkan kariernya di Camp Nou. Sebab menurutnya, Koeman berhasil membawa El Blaugrana semakin membaik terutama dari segi penampilan.

“Anda dapat melihat bahwa tim telah meningkat, dinamikanya sangat bagus. Tim ini membutuhkan waktu, saya berharap dia melanjutkannya tahun depan,” tutur Mingueza.

Selain bertengger di peringkat dua La Liga, Sergio Busquets cs juga menjadi finalis yang akan menghadapi Athletic Bilbao di Copa del Rey musim ini. Tapi posisi Koeman tetap rawan menyusul kekalahan El Catalan dari Paris Saint-Germain di babak 16 Besar Liga Champions.

“Kontrak saya berakhir musim panas ini, tetapi saya sangat tenang. Tidak ada yang dikatakan, semoga saya bisa bertahan di Barcelona,” papar mantan pelatih Everton dan Southampton itu.

Koeman pilihan Presiden Barcelona terdahulu, Josep Maria Bartomeu. Maka ketika Bartomeu lengser dari jabatannya, banyak yang berspekulasi bahwa dia akan dipecat presiden baru Joan Laporta.

“Dia (Laporta) telah mengatakan kepada saya bahwa dia percaya pada saya. Itu penting, tetapi ini dapat berubah jika tidak ada hasil,” tegas Koeman. (m08/mrc)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2