Waspada
Waspada » Kesalahan Pertahanan Pasukan Klopp
Olahraga

Kesalahan Pertahanan Pasukan Klopp

Kesalahan Pertahanan Pasukan Klopp
GELANDANG Chelsea Willian Borges (kiri), membobol gawang Liverpool yang dikawal kiper Adrian San Miguel di Stadion Stamford Bridge, London.(Daily Express)

LONDON (Waspada): Manajer Juergen Klopp mengaku tak khawatir Liverpool kehilangan momentum setelah menelan tiga kekalahan dalam empat pertandingan terakhirnya.

Kekalahan 0-2 dari tuan rumah Chelsea di Stamford Bridge, London, Selasa (Rabu WIB), membuat Marseyside Merah tersingkir dari putaran kelima Piala FA.

Klopp mengakui ada kesalahan di pertahanan pasukannya yang biasanya sangat rapat dan ketat. “Hasil bagus selama ini diperoleh karena pertahanan kami luar biasa,” jelasnya lewat Liverpool Echo, Rabu (4/3).

“Biasanya lawan tidak mendapat banyak peluang seperti tadi ketika menghadapi kami. Tapi harus diakui dalam tiga atau empat laga terakhir, kami kemasukan terlalu banyak gol,” tambah Klopp.

Tragedi itu tiba hanya empat hari setelah The Reds harus mengubur mimpi musim invincible di Liga Premier lantaran dipecundangi Watford 0-3 pada matchday 28 akhir pekan lalu di Vicarage Road.

Sebelumnya Mohamed Salah dan kawan-kawan juga kalah 0-1 kontra Atletico Madrid pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Wanda Metropolitano, 18 Februari silam.

Namun Klopp yakin, tiga kekalahan beruntun di kandang lawan itu bukanlah pertanda bahwa Jordan Henderson dan kawan-kawan sudah kehilangan momentum.

“Momentum bukan sesuatu yang tiba-tiba datang sebagai hadiah, tetapi hal yang harus anda ciptakan dan jaga. Kami selalu punya kesempatan untuk melakukannya,” optimisme mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Klopp menegaskan sejak awal dia dan timnya tidak pernah mengharapkan musim akan berjalan semulus ini. Sampai pertengahan Februari silam, Liverpool tampak sebagai kubu yang mahadahsyat dan siap memecahkan banyak rekor.

“Tidak, segalanya akan penuh tantangan. Sejauh ini kami sangat baik, tapi tidak malam ini dalam momen sepenting ini dan itu harus kami terima,” tegas Klopp.

Tersingkir di Piala FA

Kekalahan dari Chelsea sekaligus menggugurkan satu mimpi lain yang sempat didengungkan para suporter Liverpool yakni raihan trigelar. Pasukan Klopp praktis kini hanya berkompetisi Liga Premier dan Liga Champions.

Gol Willian Borges dan Ross Barkley yang jadi pemusnah kans treble winner The Anfield Gank di London. Gol Willian menit 13 dan Barkley (64’) itu juga tak terlepas dari kelemahan kiper kedua Adrian San Miguel yang mengawal gawang Liverpool.

Di tengah buruknya permainan dan sistem pertahanan Merah, striker Olivier Giroud hampir menandai penampilan primanya belakangan ini bersama Chelsea dengan sebuah gol menit 75. Kali ini Adrian melakukan satu gerakan penting demi menepis bola yang kemudian membentur mistar gawang.

“Ketika para pemain menunjukkan semangat yang mereka miliki, tentu itu memberi mereka sedikit kekuatan melawan siapa pun yang datang. Itu penampilan yang sangat mengesankan dari kami,” papar pelatih Chelsea Frank Lampard.

“Sulit untuk komprehensif melawan Liverpool karena etika kerja dan kualitas mereka. Tim harus bertahan dengan baik dan kami melakukannya, sehingga kami pantas memenangkan pertandingan,” pungkas Lampard. (m15/le)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2