Waspada
Waspada » Kesal Jerman Kembali Gagal
Olahraga

Kesal Jerman Kembali Gagal

GELANDANG Jerman Ilkay Gundogan (atas), duel dengan kapten Swiss Granit Xhaka di Basel. Getty Images

BASEL, Swiss (Waspada): Pelatih Joachim Loew dan gelandang Ilkay Gundogan, kesal Jerman kembali gagal mendulang kemenangan setelah diimbangi Swiss 1-1 pada matchday 2 Liga A Grup 4 UEFA Nations League 2020/2021.

Padahal dalam laga tandang di St. Jakob-Park, Basel, Minggu (Senin WIB) tersebut, Der Panser sangat mendominasi babak pertama. Gundogan bahkan membawa Jerman unggul lebih dulu dengan gol klinisnya menit 14, namun Silvan Widmer memaksakan hasil seri 1-1 dengan gol balasannya menit 57.

“Kami kehilangan bola saat itu tidak perlu. Ini sangat mengganggu dan saya sedikit kesal,” ratap Gundogan melalui Goal International, Senin (7/9).

“Kami berada di posisi awal yang baik dan memimpin 1-0. Kemudian kami memberikan umpan buruk, hanya melakukan serangan balik hingga hasilnya 1-1,” tambah gelandang klub Manchester City itu.

Pada babak kedua, tuan rumah Swiss lebih banyak menekan dan menciptakan peluang. Namun karena gagal mendapat gol tambahan, Granit Xhaka cs menduduki juru kunci dengan kemasan satu poin, setelah pada matchday 1 dipecundangi Ukraina 1-2.

Sedangkan Jerman di peringkat tiga dengan koleksi dua angka. Tim Panser dengan demikian belum pernah menang dalam empat pertandingan UEFA Nations League yang mulai digulirkan dua tahun.

“Ini bukan proses, sebab ini permainan sepakbola yang sangat sederhana. Jika Anda memiliki bola di depan, Anda harus mempertahankannya di sana,” sesal Gundogan.

Pelatih Vladimir Petkovic melakukan tiga perubahan dalam susunan pemain Swiss yang dikalahkan Ukraina akhir pekan lalu di Kiev. Petkovic memasukkan Widmer dan Loris Benito sebagai dua bek sayap, sedangkan striker Wolfsburg Renato Steffen diturunkan sejak awal.

Joachim Loew juga melakukan dua perubahan dari tim yang ditahan seri Spanyol 1-1. Kiper Arsenal Bernd Leno menggantikan Kevin Trapp, Matthias Ginter mengisi posisi Emre Can di jantung pertahanan.

“Kami melewatkan kesempatan untuk unggul 2-0 dan gagal memanfaatkan peluang dengan baik. Di babak pertama kami sangat bagus, tetapi di babak kedua kami mengizinkan Swiss kembali ke permainan,” jelas Loew.

“Kami tidak cukup klinis di depan gawang dan kami kehilangan sebagian ritme setelah kebobolan. Kami sudah punya dasar yang cukup baik, semoga kami tampil lebih baik di bulan Oktober,” pungkasnya.

Sepanjang gelaran UEFA Nations League, Toni Kroos cs belum pernah meraih hasil mayor. Rinciannya pada gelaran 2018 seri 0-0 vs Prancis (6 September), kalah 0-3 vs Belanda (13 Oktober), kalah 1-2 vs Prancis (16 Oktober), dan seri 2-2 vs Belanda (19 November). Tahun ini seri 1-1 kontra Swiss dan Spanyol, pencapaian Jerman dengan demikian sama dengan tim-tim kecil seperti San Marino, Malta, Latvia dan Andorra. (m08/goal/uefa)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2