Waspada
Waspada » Kesal Berita Konflik Barca
Olahraga

Kesal Berita Konflik Barca

Barcelona
FCB

MADRID (Waspada): Entrenador Quique Setien (foto kanan), kesal berita konflik internal Barcelona bisa keluar dan menjadi santapan empuk media nasional Spanyol dan internasional.

“Ini hal normal terjadi di klub-klub besar. Mungkin yang disesalkan adalah krisis ini sampai ke media,” klaim Setien, seperti dilansir Goal, Kamis (16/4).

Konflik semakin memburuk dalam sepekan terakhir dan mencapai puncaknya ketika enam Direktur El Barca memutuskan mundur secara serentak dan memberikan tekanan lebih besar kepada presiden klub Josep Maria Bartomeu.

“Tentu akan lebih baik untuk bekerja di lingkungan yang lebih tenang. Tetapi semuanya bisa saja seperti ini,” ucap Setien yang menggantikan peran Ernesto Valverde di akhir tahun 2019 silam.

Kapten Lionel Messi (foto kiri) pun tidak luput menjadi objek dari perselisihan antar petinggi Los Cules yang sebenarnya sudah berlangsung selama hampir setahun. Messi lantas secara terbuka mengkritik direktur olahraga Eric Abidal pasca pemecatan Valverde.

Pemenang enam kali Ballon d’Or itu juga tidak senang dengan kurangnya perlindungan dari jajaran direksi. Terutama saat para pemain Barca dikritik terkait masalah pemotongan gaji di tengah pandemi virus corona yang membuat La Liga dan semua kompetisi sepakbola dihentikan sementara.

Konflik ini membuat megabintang berjulukan La Pulga alias Si Kutu itu dikaitkan dengan kepindahan ke Manchester City yang dimanajeri Pep Guardiola. Juga dengan Inter Milan sebagai bagian dari barter agar Barca mendapatkan striker Lautaro Martinez.

Namun Setien yakin Messi akan tetap membela Barca. “Saya tidak berpikir apa yang terjadi telah membuat seorang pemain seperti Messi memikirkan kembali apakah dia (tetap bersama) klub. Saya yakin dia akan menyelesaikan kariernya di Camp Nou,” tegasnya.

Kasus itu semakin memperpanjang konflik internal yang kemudian dinamakan ‘Barcagate’ oleh media.

Gunakan Jasa Konsultan

Manajemen Barca dilaporkan menggunakan jasa konsultan media untuk menjaga citra klub dan citra Bartomeu.
Messi, bek senior Gerard Pique dan mantan pelatih Guardiola jadi korban skandal demikian setelah mereka diserang melalui media sosial.

Mantan wakil presiden Emili Rousaud dan lima direksi Barca lainnya juga begitu, bahkan rencananya bakal diseret manajemen El Catalan ke pengadilan.

Hanya saja Rousaud mengaku siap menghadapi tuntutan dari bekas klubnya di meja hukum. Dia bahkan menyebut korupsi di Barca itu nyata dan bantahan klub dinilainya sebagai upaya merusak citranya.

“Adanya tindak korupsi di dalam klub ditunjukkan oleh fakta bahwa mereka telah menghapus kontrak dengan berbagai perusahaan. Pernyataan yang saya buat sepenuhnya adalah benar dan dapat dibuktikan,” tuding Rousaud melalui Marca.(m15/goal/mrc)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2