Waspada
Waspada » Kemenangan Penting Bagi Harapan Juve
Olahraga

Kemenangan Penting Bagi Harapan Juve

zimbio

ROMA (Waspada): Winger Juan Cuadrado (foto) memimpin Juventus memenangi Derby d’Italia dengan mengalahkan sang jawara Inter Milan 3-2 pada giornata 37 Serie A Liga Italia.

Tambahan tiga poin dalam laga kandang di Stadion Allianz, Turin, sempat membawa Super Juve naik peringkat empat dengan koleksi nilai 75. Namun kemenangan 2-0 Napoli atas tuan rumah Fiorentina, Minggu (16/5), membuat Si Nyonya Tua melorot lagi setingkat, minus satu angka di bawah I Partenopei.

“Menang itu penting untuk tetap punya harapan. Kami memiliki kewajiban untuk mencapai tujuan dan kami berhasil menang, meski ada beberapa kesulitan,” papar alenatorre Andrea Pirlo lewat Sky Sports, Minggu (16/5).

“Kami tidak akan membicarakan perebutan tempat keempat bila kami selalu memiliki determinasi yang sama seperti di beberapa pertandingan terakhir,” klaim Pirlo.

Cuadrado menjadi bintang kemenangan Si Nyonya Tua dengan dua gol yang dicetaknya dalam pertandingan yang harus diakhiri dengan situasi 10 lawan 10 tersebut.

Inter yang sudah juara dan nyaman di puncak dengan 88 poin, hanya mengalami kegagalan sapu bersih kemenangan Derby d’Italia di Serie A yang terakhir mereka raih pada 1992/1993.

Hanya saja Super Juve masih terancam tidak berpartisipasi di Liga Champions untuk pertama kalinya dalam satu dasawarsa bila gagal finis di empat besar, setelah memonopi sembilan scudetto berturut-turut.

“Ketika Anda bermain untuk tempat keempat di akhir musim ini, berarti ada sesuatu yang hilang. Kami kehilangan terlalu banyak poin, terutama dalam laga yang lebih mudah di atas kertas,” dalih Pirlo.

Superstar Cristiano Ronaldo membawa Bianconeri unggul di babak pertama. Ronaldo memanfaatkan bola muntah setelah tendangan penalti berhasil diselamatkan kiper Inter, tetapi dia ditarik keluar di 20 menit terakhir.

“Ini mungkin pertama kalinya dia senang diganti, karena dia harus terus berlari selama sisa pertandingan karena kami bermain dengan 10 orang. Dia senang di ruang ganti,” beber Pirlo.

Laiknya edisi-edisi lain Derby d’Italia, pertandingan berlangsung panas dan tiga kartu kuning sudah dikeluarkan oleh wasit Gianpaolo Calvarese untuk kedua tim.

Satu kartu kuning diberikan kepada Matteo Darmian menit 23. Dia dianggap menjegal Giorgio Chiellini di dalam kotak terlarang Inter, sekaligus berbuah tendangan penalti bagi Juve.

Tendangan penalti dihadapi Ronaldo yang mendapati eksekusinya bisa dimentahkan kiper Samir Handanovic. Tapi bola muntah jatuh ke hadapan Ronaldo yang tinggal menceploskannya ke gawang tim tamu.

Menit 34 giliran I Nerazzurri yang memperoleh hadiah tendangan penalti setelah Lautaro Martinez terjatuh di dalam kotak terlarang Juve. Tinjauan VAR memperlihatkan Martinez jatuh karena tumitnya dijegal bek Matthijs de Ligt.

Striker Romelu Lukaku menunaikan tugasnya sebagai algojo dengan baik untuk memperdaya kiper Wojciech Szczesny dan membuat kedudukan imbang 1-1.

Juves tetap tampil lebih agresif dan memetik buahnya pada menit ketiga injury time babak pertama. Cuadrado menyambar bola liar di tepian kotak penalti untuk menjebol gawang Inter sekaligus merestorasi keunggulan tuan rumah.

Menit 55 La Beneamata mendapat keuntungan ketika Juve harus melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain karena Rodrigo Bentancur menerima kartu kuning kedua.

Situasi 11 lawan 10 berusaha dimanfaatkan Inter. Tapi peluang hebat Matias Vecino yang menanduk umpan silang Ivan Perisic menit 82 bisa dimentahkan secara gemilang oleh Szczesny.

Semenit berselang, Chiellini mencetak gol bunuh diri ketika berusaha merebut penguasaan bola dari Lukaku. VAR sempat meninjau insiden itu dengan dugaan pelanggaran Lukaku terhadap Chiellini, sebelum akhirnya mengesahkan gol tersebut.

Cuadrado lantas menjadi bintang kemenangan dengan menyarangkan gol keduanya menit 88 dari titik putih. (m08/sky)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2