Waspada
Waspada » Kemenangan Beruntun Jack Miller
Olahraga Otomotif

Kemenangan Beruntun Jack Miller

Reuters

LE MANS (Waspada): Pebalap Ducati asal Australia, Jack Miller (foto), berhasil merebut kemenangan beruntun setelah menjadi juara pada MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (16/5) malam WIB.

Hasil ini melanjutkan kemenangan yang diraih Miller dua pekan lalu di GP Spanyol. Jack Miller menang MotoGP Prancis 2021 dalam balapan flag to flag penuh drama. Miller menang atas Johann Zarco dan Fabio Quartararo.

Miller memulai balapan dengan sempurna dan memimpin atas duo Yamaha, Maverick Vinales dan Quartararo. Franco Morbidelli mengalami nasib sial setelah terjatuh di tikungan 12 pada pengujung lap pertama dan mengalami cedera.

Vinales sempat menyalip Miller di lap kedua, tapi kemudian drama dimulai di lap keempat setelah Quartararo memimpin setelah memanfaatkan Vinales dan Miller yang hampir senggolan.

Di lap keempat bendera putih dikibarkan setelah hujan mulai turun dan pebalap sudah diizinkan mengganti sepeda motor. Di titik ini Vinales mengalami masalah dan turun ke posisi lima.

Miller mengalami kesialan sebelum masuk pitlane untuk mengganti sepeda motor. Miller melebar sebelum masuk pit dan kondisi itu dimanfaatkan Quartararo memimpin atas Marc Marquez dan Alex Rins saat masuk pit.

Menariknya, justru Marquez yang memimpin usai pergantian sepeda motor. The Baby Alien unggul atas Rins dan Quartararo. Sial bagi Rins, pebalap Suzuki itu langsung jatuh di tikungan pertama usai melakukan pergantian sepeda motor.

Drama berlanjut ke lap 8 ketika Marquez mengalami kecelakaan di tikungan 14 saat memimpin balapan. Quartararo kemudian memimpin. Sayangnya, El Diablo gagal menjauh dari Miller di posisi kedua meski pebalap Ducati itu dihukum long lap penalty karena mengebut di pitlane saat pergantian sepeda motor.

Bencana bagi Quartararo terjadi pada lap ke-12. Pebalap asal Prancis itu mendapat hukuman long lap penalty karena melakukan kesalahan saat melakukan tukar sepeda motor. Quartararo salah berhenti di depan garasi Maverick Vinales.

Sialnya, sebelum melakukan long lap penalty Quartararo sudah disalip Miller. Miller pun lansung unggul hingga 3 detik atas Quartararo.

Pada lap ke-18, Marquez yang sempat bangkit dan berada di posisi 11, untuk kali kedua mengalami kecelakaan. Juara Dunia MotoGP enam kali itu akhirnya gagal finis. Begitu juga Rins yang beberapa lap sebelumnya kecelakaan untuk kali kedua.

Drama lagi-lagi muncul di sembilan lap terakhir. Para tim sudah mempersiapkan sepeda motor dengan ban kering sebagai bentuk antisipasi pebalap harus kembali melakukan pergantian sepeda motor karena trek yang mulai mengering.

Penampilan luar biasa ditunjukkan Johann Zarco. Pebalap Pramac itu mampu menyalip Quartararo di lap ke-21. Padahal beberapa lap sebelumnya Zarco sempat terpaut hingga 9 detik dari Quartararo.

Miller pun akhirnya memenangi MotoGP Prancis 2021 dengan mengalahkan Zarco dan Quartararo. Perubahan posisi langsung terjadi. Fabio Quartararo berhasil mengambil alih posisi puncak klasemen pebalap MotoGP 2021 dari Pecco Bagnaia.

Quartararo finis ketiga di MotoGP Prancis, di belakang duo Ducati, Miller dan Johann Zarco. Hasil itu membuat Quartararo naik ke posisi pertama dengan 80 poin.

El Diablo unggul satu poin atas Bagnaia yang finis keempat di seri kelima MotoGP 2021. Bagnaia saat ini mengoleksi 79 poin usai mendapatkan tambahan 13 poin usai finis keempat.

Di bawah Quartararo dan Bagnaia terdapat nama Zarco. Pebalap tuan rumah itu jadi kuda hitam di MotoGP 2021 setelah mampu finis kedua di Sirkuit Le Mans. Zarco kini mengoleksi 68 poin dengan menempati tempat ketiga. Ia hanya berselisih 12 poin dari Quartararo.

Miller menempati posisi keempat klasemen pebalap. Keberhasilan jadi juara seri terakhir membuat Miller masuk sebagai salah satu calon juara MotoGP 2021. (m18/mgp)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2