Kejutan Chico Singkirkan Kento Momota

  • Bagikan
EKSPRESI Chico Aura Dwi Wardoyo usai menumbangkan Kento Momota dalam babak pertama BAC 2022 di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Filipina, Rabu (274). Antara

MANILA (Waspada): Chico Aura Dwi Wardoyo membuat kejutan saat tampil di babak pertama Kejuaraan Asia 2022 dengan mengalahkan unggulan pertama asal Jepang, Kento Momota di Manila, Rabu (27/4).

Kemenangan yang tak disangka-sangka ini terjadi di Muntinlupa Sports Complex, Manila lewat rubber game 17-21, 21-17, 21-7 dalam tempo 62 menit.

Walau terpaut jauh dari sisi ranking dunia, Chico yang berperingkat 52 dunia tampil  tenang mengimbangi permainan menyerang Momota. Pebulutangkis kelahiran Jayapura itu bahkan unggul 11-10 hingga interval pertama.

Namun, setelah itu, Momota bermain lebih cepat dan lebih mendominasi permainan hingga merebut gim pertama dengan 21-17.

Memasuki gim kedua, Chico bermain lebih klinis dan lebih merapatkan pertahanan untuk memaksa Momota melakukan kesalahan. Chico memimpin 11-6 saat interval.

Momota berpaya memperbaiki permainan di interval kedua, tapi Chico mampu mengimbangi hingga akhirnya memenangi gim kedua dengan skor 21-17.

Pada gim ketiga, Chico yang kian percaya diri tampil lebih berani, tak hanya pertahanannya yang kokoh, serangan-serangannya juga efektif dalam mendulang poin.

Di lain pihak, Momota justru meredup dan sering melakukan kesalahan. Setelah unggul 11-4 di jeda interval, Chico terus memimpin dan menutup laga dengan kemenangan 21-7.

“Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan. Di gim pertama sebenarnya sudah enak mainnya, hanya terburu-buru di poin jelang akhir. Di gim kedua dan ketiga saya menerapkan strategi yang sama tapi hanya lebih sabar saja,” kata Chico.

Bermain menyerang tapi sabar menjadi strategi yang diusung Chico saat meladeni pebulutangkis tunggal putra peringkat dua dunia.

Walau senang sudah bisa mengalahkan salah satu pebulu tangkis terbaik di dunia, Chico belum merasa puas. Ia mengaku ingin melangkah jauh di turnamen ini.

“Saya senang bisa menang atas Momota dan bisa mengeluarkan seluruh kemampuan saya hari ini. Tapi saya belum puas, saya mau melangkah jauh di sini,” ungkap Chico.

Di babak 16 Besar, Chico sudah ditunggu Lee Cheuk Yiu wakil Hong Kong. Chico memimpin rekor pertemuan 1-0 ketika menang 21-14, 18-21, 21-18 pada Kejuaraan Beregu Asia 2022 di Selangor, Malaysia, bulan Februari.

Selain Chico, Komang Ayu Cahya Dewi juga membuat kejutan. Wakil tunggal putri Indonesia itu mengalahkan Han Yue dari China.

Han Yue yang merupakan pebulutangkis peringkat 24 dunia harus menyerah dua gim langsung 14-21, 12-21 kepada Komang yang masih menduduki peringkat 317. “Senang bisa mengalahkan pemain yang peringkatnya jauh di atas saya,” tutur Komang.

“Tidak ada strategi khusus, saya hanya coba memainkan pola permainan saya dan mengontrol keadaan angin. Beruntung saya sudah main kemarin jadi sedikit banyak sudah tahu kondisi lapangan,” kata Komang menambahkan.

Putri Kusuma Wardani yang bermain di nomor tunggal putri juga membuat kejutan mengalahkan wakil Korsel Kim Ga Eun yang bercokol di peringkat 18 dunia. Putri juga mengemas kemenangan rubber game 10-21, 21-12, 21-15 pada laga babak 32 besar hari ini.

Penampilan apik juga dipertunjukkan Stephanie Widjaja kala bersua wakil Korea lainnya, yaitu unggulan kedua An Se Young. Walau belum mampu menang, Stephanie cukup merepotkan An Se Young dan memaksa bermain rubber game 16-21, 21-16, 16-21.

Dari nomor ganda putri, Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti memulai Kejuaraan Asia 2022 dengan hasil yang positif di babak pertama dengan menyingkirkan pasangan Kim So Yeong/Kong Hee Yong yang merupakan unggulan ketiga.

Mereka mengaku hanya main tanpa beban dan tetap menjaga fokus saat meladeni pasangan asal Korea Selatan, hingga akhirnya sukses dengan skor akhir 21-17, 20-22, 21-11.

“Kemenangan ini sebenarnya seperti bonus buat kami. Kami tadi hanya ingin menikmati pertandingan. Alhamdulillah bisa menang,” kata Fadia. (m18/ant)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.