Waspada
Waspada » Karateka Inkai Sumut Donor Darah
Olahraga

Karateka Inkai Sumut Donor Darah

KARATEKA Perguruan Inkai Sumut sedang mendonorkan darahnya di Dojo Inkai Sumut, Jl. HM Joni Medan. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Pengurus Provinsi Institut Karate-Do Indonesia (Inkai) Sumatera Utara menggelar kegiatan sosial donor darah pada Sabtu (20/3) di Dojo Inkai Sumut, Jl HM Joni Medan. Kegiatan ini dalam rangka HUT ke-50 Perguruan Inkai.

“Kegiatan sosial donor darah ini bekerjasama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan. Selain karateka Inkai, donor darah juga dilakukan masyarakat umum,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Helty Sosilo di sela-sela kegiatan tersebut.

Didampingi panitia lainnya yakni Delfinus Rumahorbo dan Erwin Kamarullah Siregar, Helty mengatakan kegiatan donor darah ini diselenggarakan oleh seluruh Pengprov Inkai se-Indonesia. Namun, waktunya berbeda-beda.

“Sebenarnya HUT Inkai yakni tanggal 15 April 2021, tetapi waktunya bertepatan saat bulan puasa Ramadhan 1442 H. Sehingga pelaksanaannya di Sumut kita percepat yakni Sabtu (20/3), sehingga ummat Islam yang melaksanakan puasa nantinya tidak terganggu,” jelasnya.

Seperti diketahui, Perguruan Karate Inkai berdiri pada 15 April 1971, sehingga tahun 2021 ini telah berusia 50 yahun. “Inkai merupakan salah satu perguruan karate tertua di Indonesia. Bahkan telah banyak melahirkan karateka-karateka andal yang bukan hanya berprestasi di tingkat nasional, tetapi bahkan di tingkat internasional,” ungkapnya.

Menurut Helty Sosilo, Inkai Sumut telah banyak melahirkan karateka-karateka berprestasi di tingkat nasional maupun internasional, diantaranya Nilawati Daud, Mardiah Nasution, Indah Mogia Angkat, Dedi Irwansyah, Serunita Sukatendal dan lainnya.

Bahkan untuk PON 2021 di Papua, tiga karateka Inkai Sumut yakni Desynta Banurea, Widodo dan Gusti Bayu memperkuat Sumut. Desynta Banurea sendiri saat ini berada di Pelatnas yang dipersiapkan memperkuat tim karate Indonesia menghadapi SEA Games.

Dikatakan, kegiatan donor darah ini bertujuan membantu saudara-saudara yang saat ini sedang membutuh darah. Apalagi PMI masih sangat kekurang stok darah.

“Kegiatan sosial donor darah ini merupakan aksi peduli karateka Inkai Sumut terhadap saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan tambahan darah,” ujarnya.

Kegiatan donor darah ini tetap melaksanakan protokol kesehatan (Prokes) sesuai ditetapkan pemerintah, dimana semua pendonor sebelum diambil darahnya terlebih dahulu diperiksa kesehatannya dan dianjurkan tetap memakai masker. (m18)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2