Kalahkan Timor Leste 4-1, Garuda Muda Jaga Peluang Semifinal

  • Bagikan
Antara

PHU THO (Waspada): Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan 4-1 atas Timor Leste pada laga lanjutan Grup A SEA Games 2021, Selasa (10/5) malam WIB. Kemenangan ini menjaga asa pasukan Shin Tae-yong untuk melaju ke babak semifinal.

Namun, tambahan tiga poin tak mengubah posisi Timnas Indonesia U-23 di urutan keempat klasemen sementara SEA Games 2021. Skuad Garuda Muda masih tertinggal satu angka dari Filipina dan Vietnam yang menduduki posisi kedua dan ketiga.

Sedangkan puncak klasemen dihuni Myanmar dengan 6 poin setelah membuat kejutan mengemas kemenangan 3-2 atas Filipina. Filipina yang mengemas kemenangan telak atas Timor Leste dan menahan Vietnam tanpa gol dikejutkan lewat gol cepat Myanmar.

Timnas Indonesia U-23 mengemas kemenangan atas Timor Leste U-23 dalam laga fase grup yang berlangsung di Stadion Viet Tri, Vietnam. Timor Leste menggebrak pada menit awal. Sebuah kesalahan kontrol dari Marc Klok mengundang petaka. Pemain naturalisasi itu melakukan tekel kepada Mouzinho De Lima yang berusaha merebut bola di kotak penalti.

Wasit Ammar Ashkannani menunjuk titik putih. Mouzinho yang maju sebagai eksekutor tidak bisa mengubah angka di papan skor. Ernando Ari Sutaryadi melakukan penyelamatan penting.

Setelah kesulitan membangun serangan selama lebih kurang 15 menit, Timnas Indonesia U-23 kemudian mencetak gol. Sebuah krosing dari Syahrian Abimanyu disambut sundulan Rizky Ridho. Egy Maulana Vikri yang ada di depan gawang lantas menyambar bola.

Selepas skor 1-0 pada menit ke-16, Timnas Indonesia mendominasi penguasaan bola. Egy setidaknya memiliki empat peluang lain untuk mencetak gol. Sementara kans lain diperoleh Ricky Kambuaya dan Irfan Jauhari.

Pada pengujung babak pertama, Mouzinho hampir menyamakan kedudukan. Penyerang andalan Timor Leste itu gagal mengarahkan bola ke gawang.

Saddil Ramdani yang menggantikan Egy pada babak kedua mendapat peluang pada menit 49. Indonesia sempat memiliki peluang pada menit ke-50, namun sundulan Witan yang menerima umpan Asnawi masih membentur tiang.

Dua menit berselang Tim Merah Putih mencetak gol kedua melalui sundulan Witan Sulaeman yang menerima umpan lemparan dari Alfeandra Dewangga.

Fachruddin Wahyudi Aryanto membawa Timnas Indonesia memimpin 3-0 pada menit ke-58. Tendangan penjuru Syahrian Abimanyu disundul Irfan Jauhari dan diblok pemain Timor Leste. Fachruddin kemudian memanfaatkan bola rebound dan melesakkan bola ke gawang.

Pertandingan memasuki menit ke-69 Mouzinho mencetak gol ke gawang Timnas Indonesia setelah memanfaatkan umpan terobosan setelah Saddil melakukan kesalahan umpan.

Saddil memiliki peluang pada menit ke-71, namun bola yang dilepaskannya masih bisa ditepis Junildo Pereira. Witan mencetak gol kedua di laga kali ini. Sebuah umpan terobosan dari Ricky Kambuaya berhasil dijangkau Saddil Ramdani. Saddil kemudian melakukan umpan cut back yang dituntaskan Witan. Timnas Indonesia memimpin 4-1 pada menit ke-77.

Gawang Indonesia kembali berada dalam ancaman ketika tendangan bebas Mouzinho mengenai mistar gawang pada menit akhir babak kedua. Skor 4-1 untuk Timnas Indonesia U-23 bertahan hingga laga bubar.

Timnas Indonesia U-23 selanjutnya akan menghadapi Filipina pada Jumat (13/5) pukul 19.00 WIB. Garuda Muda wajib memenangkan laga ini jika ingin terus menjaga peluang lolos ke babak semifinal. (m18/ant/cnni)

Klasemen Sementara Grup A

Myanmar         2 2 0 0 6-4       6

Vietnam          2 1 1 0 3-0       4

Filipina            3 1 1 1 6-3       4

Indonesia        2 1 1 0 4-4       3

Timor-Leste     3 0 0 3 3-11     0

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *