Waspada
Waspada » Kalahkan Malaysia, Indonesia Hatrik Juara Asia
Olahraga

Kalahkan Malaysia, Indonesia Hatrik Juara Asia

PEMAIN dan pelatih tim putra Indonesia pose bersama usai menerima medali Badminton Asia Team Championships (BATC) 2020 di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina. Antara

MANILA (Waspada): Tim Putra Indonesia menjadi kampiun Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia tahun 2020 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Minggu (16/2).

Anthony Sinisuka Ginting dan rekan-rekan menyegel gelar juara setelah di final mengalahkan Malaysia 3-1.

Dengan hasil ini, tim putra Indonesia berhasil meraih gelar juara ketiga kalinya secara berturut-turut. Sebelumnya tim putra Indonesia meraih juara pada edisi 2016 dan 2018.

Pada gelaran kali ini, langkan tim putra Indonesia untuk melaju ke partai final terbilang cukup mulus. Pembatalan keikutsertaan China dan Hong Kong dalam ajang yang menjadi kualifikasi Thomas dan Uber Cup itu pun ikut memengaruhi undian para peserta lain.

Tim Putra Indonesia yang tergabung bersama Korea di Grup A melangkah mulus ke babak semifinal. Kemudian di babak semifinal, Shesar Hiren Rhustavito dan kolega bersaing ketat dengan India.

Namun, Indonesia yang menurunkan skuad terbaik berhasil menyudahi perlawanan India dengan kemenangan 3-2 sekaligus memastikan tempat di partai final.

Dominasi Indonesia sebagai unggulan pertama di ajang kali ini kembali terlihat di partai final setelah berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor meyakinkan 3-1.

Ganda putra yang baru dipasangkan, Mohammad Ahsan/Fajar Alfian menjadi penentu kemenangan Indonesia. Ahsan/Fajar yang tampil pada partai keempat mengalahkan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi 21-18, 21-17.

Ahsan/Fajar baru pertama kali tampil sebagai pasangan main di turnamen. Ahsan merupakan pasangan dari Hendra Setiawan yang dijuluki sebagai The Daddies. Sedangkan Fajar berpasangan dengan Muhammad Rian Ardianto.

Meski pasangan debutan, permainan Ahsan/Fajar menjadi kejutan bagi lawan. Keduanya bermain secara apik dengan perpaduan kecepatan yang ditampilkan Fajar dan pertahanan yang ditangani oleh Ahsan.

Dua poin Indonesia lainnya, sebelumnya diaraih Anthony Sinisuka Ginting dan Marcus Fernaldi Gedeopn/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Sedangkan Malaysia merebut satu poin setelah Cheam June Wei mengalahkan Jonatan Christie.

Ginting Puas

Anthony Sinisuka Ginting yang menyumbang poin perdana kemenangan 3-1 Indonesia atas Malaysia usai mengalahkan Lee Zii Jia 22-20, 21-16 mengaku senang dan puas.

Pemain kelahiran Cimahi 23 tahun lalu itu puas karena membuka jalan bagi kemenangan tim putra Indonesia di partai final kali ini. Tidak hanya itu, ia juga mengaku bersyukur bisa tampil maksimal dan melewati laga final tanpa mengalami cedera.

“Puji Tuhan saya bisa selesaikan permainan dengan baik tanpa cedera. Saya senang bisa sumbang satu poin, di pertandingan beregu satu poin sangat berharga. Di game pertama dia berusaha banyak menyerang, saat itu saya banyak angkat bola,” ujar Ginting.

“Postur lawan kan tinggi, shuttlecock juga kencang, saya tidak bisa bikin dia lari-lari. Saya berusaha untuk tidak angkat bola, tidak memberikan dia kesempatan menyerang. Di akhir game kedua, dia seperti buang-buang poin, saya coba ikuti saja mainnya, tapi tetap tidak kasih angin dan terus menekan lawan,” ucap Ginting. (m42/pbsi)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2