Waspada
Waspada » Jayadi Penuhi Syarat Balon Ketum KONI Siantar
Olahraga

Jayadi Penuhi Syarat Balon Ketum KONI Siantar

TIM Penjaringan dan Penyaringan Balon Ketum KONI Kota Pematangsiantar periode 2020-2024 saat memberikan keterangan kepada wartawan, Jumat (11/9). Waspada/Edoard Sinaga/B

P. SIANTAR (Waspada): Jayadi Sagala SE yang maju lagi sebagai bakal calon Ketua Umum KONI Kota Pematangsiantar periode 2020-2024 dinyatakan sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan dan berkasnya dinyatakan lengkap.

“Hasil verifikasi Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) bakal calon Ketum KONI, berkas Jayadi Sagala sudah sesuai persyaratan yang ditentukan dan dinyatakan lengkap,” ujar Ketua TPP Timbul P Siallagan SH didampingi Wakil Ketua Rahmat Sitanggang SE, Sekretaris Eka Masri Sinaga SPd dan Anggota Rio Daniel Purba SPd di Sekretariat TPP Kompleks Kantor Dinas Pariwisata Pemko, Jl Singosari, Jumat (11/9).

Timbul menyebutkan sebanyak empat orang mengambil formulir pendaftaran bakal calon Ketum terdiri atas Fitra SP, Erwin Freddy Siahaan, Bogie Gosia Tambunan dan Jayadi Sagala.

“Sampai batas waktu yang ditentukan, dari empat yang mengambil formulir pendaftaran, hanya dua yang mengembalikan formulir dan menyerahkan dokumen persyaratan,” katanya.

Dikatakan, sesuai tugas TPP dan persyaratan yang ditentukan, hanya dua yang berhak diverifikasi yakni Jayadi Sagala dan Erwin Freddy Siahaan. Hasil verifikasi, berkas yang diserahkan Jayadi Sagala telah sesuai persyaratan yang ditentukan dan dinyatakan lengkap.

17 Pengcab

Jayadi Sagala mendapat dukungan 17 Pengcab olahraga terdiri atas Pertina, PGSI, TI, PTMSI, PASI, IPSI, POBSI, WI, MI, KBI, Bapopsi, PBVSI, FOPI, Perwosi, Perbasi, PABBSI dan Perpani.

Hasil verifikasi, dari 17 Pengcab, lanjut Timbul, tiga dinyatakan tidak memehuhi syarat, dimana SK Pengcab WI telah berakhir pada 20 Maret 2020, SK PBVSI telah berakhir 26 Mei 2020, surat dukungan PASI ditandatangani Ketua Harian yang seharusnya Ketua Umum.

“Dari 17 dukungan, sebanyak 14 Pengcab dinyatakan memenuhi syarat. Sesuai ketentuan, dari 24 Pengcab yang terdaftar di KONI, bakal calon Ketum harus menerima dukungan 30 persen Pengcab. TPP memutuskan berkas Jayadi Sagala memenuhi syarat,” tambahnya.

Mengenai Erwin Freddy Siahaan, Timbul menyebutkan berkas administrasinya lengkap dan dukungan sebanyak 10 Pengcab terdiri atas PABBSI, PBSI, PDBI, Pelti, Percasi, POBSI, PRSI, Tarung Drajat, PTMSI dan PBVSI.

“Hasil verifikasi, lima dukungan dinyatakan tidak memenuhi syarat. Surat dukungan PTMSI pada 8 Agustus 2020 sudah disampaikan kepada Jayadi Sagala. Sesuai ketentuan dan berdasarkan hasil keputusan rapat anggota KONI, kalau ada dua surat dukungan ganda, kepada yang pertama yang dinyatakan sah dan tidak bisa ditarik.

“Surat dukungan POBSI dan PABBSI sama statusnya. Kemudian, SK PBSI telah berakhir 26 Mei 2020, karena telah dilaksanakan Musorkot Luar Biasa PBSI yang dihadiri Pengprov PBSI pada 25 Agustus 2019, dimana hasilnya Fitra SP terpilih sebagai Ketum PBSI, sehingga hingga SK Azhar Nasution tidak memenuhi syarat,” jelas Timbul.

Sekretaris TPP menambahkan dukungan yang diberikan Azhar Nasution tidak memenuhi syarat, karena dengan terlaksananya Musorkot Luar Biasa PBSI di Puncak Angin Pematangsiantar, secara otomatis pengurus yang lama berakhir. “Sehingga dari 10 dukungan kepada Erwin Freddy Siahaan, hanya lima yang memenuhi syarat,” tambahnya.

Timbul menegaskan dari 24 Pengcab yang terdaftar di Pematangsiantar, minimal dukungan 30 persen, berarti minimal dukungan harus ada delapan Pengcab.

Menurut Sekretaris TPP, mereka akan melakukan pembundelan dokumen hasil verifikasi dan menyerahkannya kepada Panitia Pengarah saat Musorkot KONI pada Sabtu (12/9). (a27/C)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2