Waspada
Waspada » Inggris Mengakui Beruntung Menang
Olahraga

Inggris Mengakui Beruntung Menang

REYKJAVIC (Waspada): Manajer Gareth Southgate dan winger Raheem Sterling (foto 2 kanan), mengakui Timnas Inggris beruntung bisa menang tipis 1-0 atas tuan rumah Islandia pada matchday 1 Liga A Grup 2 UEFA Nations League.

Dalam laga di Stadion Laugardlasvollur, Reykjavik, Sabtu (Minggu WIB) itu, Sterling menjadi penentu dengan menyarangkan gol penalti larut menit 90+1. Hadiah tendangan 12 pas diberikan wasit Srdjan Jovanovic, setelah bek Sverrir Ingason menghalau bola dengan tangannya di dalam area terlarang Islandia.

“Itu laga aneh untuk comeback. Sungguh sulit, tetapi kami beruntung akhirnya mampu melewatinya,” beber Starling melalui Daily Star, Minggu (6/9).

“Segera setelah saya mendapatkan bola, saya tahu saya akan menendangnya tepat di tengah, karena itu terjadi di menit 91,” tambah bintang Manchester City tersebut.

Tuan rumah sebetulnya mempunyai kesempatan emas untuk membalas dan memenangkan pertandingan. Gelombang serangan setelah gol Sterling bahkan menghasilkan hadiah tedangan penalti, karena Joe Gomez melanggar Holmbert Firdjonsson di jantung pertahanan The Three Lions.

Namun kesempatan itu dibuang sia-sia oleh Birkir Bjarnason yang menjadi algojo penalti. Brarnason melepaskan tendangan penalti yang melambung di atas gawang kiper Jordan Pickford.

“Kami selalu tahu akan sulit tanpa fans untuk pertama kalinya bersama tim nasional. Kami juga tidak menduga ada kartu merah, tetapi itu terjadi,” ratap Sterling.

“Kami seharusnya tidak memberikan mereka (penalti juga). Kami beruntung bisa menang,” katanya lagi.

Kedua tim menyelesaikan duel dengan 10 pemain, setelah wasit memberi kartu kuning kedua untuk Ingason menit 89 dan bek tim tamu Kyle Walker menit 70.

“Pelajaran yang bisa diambil, yakni soal kartu merah. Kami tak boleh membuat tekel seperti itu dan Kyle sudah meminta maaf di ruang ganti,” sesal Southgate.

“Apa yang dia lakukan membuat kami kesulitan menang. Lalu kami membuat diri sendiri terancam lagi pasca unggul dengan cara yang sama (penalti), itu juga pelajaran bagi kami,” tambahnya.

Inggris yang tampil mendominasi tak kurang dari 77 persen penguasaan bola, berusaha keras mengkonversinya menjadi 12 percobaan tembakan, tiga di antaranya tepat sasaran. Dalam laga ini, penyerang muda Manchester United Mason Greenwood mendapat kesempatan melakukan debut.

“Kami harus lebih fokus secara taktik dan psikis, terutama saat sedang unggul. Jika kami berhasil mencetak gol penalti di menit-menit akhir, mestinya itulah akhir pertandingannya,” tegas Southgate.

“Tapi kami menang setelah memberikan hadiah penalti kepada lawan. Jadi sekarang rasanya sangat beruntung dan bahkan seperti baru bebas dari penjara,” pungkas pelatih berusia 50 tahun itu.

Harry Kane dan kawan-kawan pada matchday 2 Grup 2 akan bertandang ke Denmark, Rabu (9/9) dinihari mulai pkl 0145 WIB. Saat bersamaan Islandia menantang tuan rumah Belgia yang sebelumnya menekuk Denmark 2-0. (m08/ds/rtr)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2