Indonesia Waspadai Kebangkitan Timor Leste

  • Bagikan
BEK kanan Timnas Indonesia U-23 Asnawi Mangkualam Bahar siap membela tim Merah Putih saat melawan Timor Leste pada laga lanjutan Grup A SEA Games 2021, Selasa (10/5). PSSI

PHU THO (Waspada): Bek kanan Timnas Indonesia U-23 Asnawi Mangkualam Bahar mengatakan bahwa Indonesia tidak boleh meremehkan Timor Leste ketika kedua kesebelasan bersua pada laga lanjutan Grup A SEA Games 2021 di Vietnam, Selasa (10/5).

“Semua tim yang bermain di SEA Games pasti bagus. Kami tidak bisa menganggap remeh lawan. Kami mesti fokus dan berkonsentrasi untuk menang,” ujar Asnawi, Senin (9/5).

Pesepakbola berusia 22 tahun itu meminta rekan-rekannya untuk berkonsentrasi sepanjang laga lantaran Timor Leste memiliki potensi untuk tampil mengejutkan.

Meski tidak pernah menundukkan Indonesia pada setiap pertemuan, Timnas Timor Leste U-23 menggoreskan catatan cukup baik setidak-tidaknya dalam satu tahun terakhir.

Pada Kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2022, Oktober 2021, Timor Leste mampu menundukkan Filipina 1-0 dan menahan imbang Singapura 2-2. Namun, mereka gagal lolos lantaran kalah 0-6 dari Korea Selatan.

Bahkan, pada pertandingan persahabatan kontra Timnas Malaysia U-23, 29 April 2022, Timor Leste menang 2-1. Oleh karena itu, meski pada Grup A SEA Games 2021 Timor Leste takluk 0-4 dari Filipina dan 2-3 dari Myanmar, momentum kebangkitan Timor Leste tetap mesti diperhatikan benar-benar oleh Indonesia.

Apalagi Indonesia wajib mendapatkan tiga poin dari tiga laga tersisa, yaitu melawan Timor Leste, Filipina dan Myanmar demi menjaga peluang lolos ke semifinal. Hal itu lantaran Indonesia dikalahkan Vietnam dengan skor 0-3 pada pertandingan perdananya di Grup A. “Tiga pertandingan itu sangat penting (untuk dimenangkan-red),” tutur Asnawi.

Kekalahan dari Vietnam membuat Indonesia berada di peringkat keempat klasemen sementara Grup A di atas tim juru kunci Timor Leste yang kandas dua kali dari dua laga.

Posisi ketiga dihuni Myanmar yang mengoleksi tiga poin, kemudian Vietnam mengisi tangga kedua dengan empat poin. Puncak klasemen dihuni Filipina yang berpoin serupa dengan Vietnam tetapi unggul selisih gol.

Gelandang muda tim Merah Putih, Marselino Ferdinan, menerangkan seluruh pemain Timnas Indonesia U-23 sudah mendapat evaluasi dari Pelatih Shin Tae-yong.

“Intinya coach Shin sudah berikan masukan untuk evaluasi diri sendiri dan lihat laga kemarin. Yang baik diambil dan yang buruk dibuang,” ucap Marselino.

Menjelang pertandingan melawan Timor Leste, Marselino juga menegaskan keinginan tampil maksimal. “Pastinya kondisi saya dan tim cukup baik dan siap lawan Timor Leste. Kita tak boleh anggap remeh semua tim di fase grup. Untuk lawan Timor Leste, kita serahkan semuanya sama Tuhan. Kami tinggal bekerja keras untuk bangsa dan Tanah Air,” jelasnya.

Pada pertandingan melawan Vietnam, Marselino mendapat kesempatan bermain sebagai pemain pengganti. Marselino masuk pada menit ke-82 menggantikan Ronaldo Kwateh.

Marselino kembali memiliki kans tampil dalam laga melawan Timor Leste. Pemain 17 tahun itu sempat menjajal skuad Sol Nascente dalam laga uji tanding pada Januari 2022.

Marselino tampil menjadi pengganti Evan Dimas ketika Timnas Indonesia menang 4-1 pada pertemuan pertama yang berlangsung 27 Januari. Sementara tiga hari berselang, Marselino tampil sebagai starter saat Tim Merah Putih menang 3-0. (m18/ant)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *