Waspada
Waspada » Ikasi Aceh Datangkan Pelatih Nasional
Olahraga

Ikasi Aceh Datangkan Pelatih Nasional

KETUA Ikasi Aceh, M Nasir Syamaun (kanan) dan Manajer Tim Anggar Aceh, Husaini saat memberikan keterangan kepada media. Waspada/Munawardi/B

BANDA ACEH (Waspada): Pengurus Provinsi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Aceh mendatangkan pelatih kaliber nasional guna menangani atlet yang bakal tampil di PON Papua 2021.

Ikasi Aceh punya kenangan manis saat cabang olahraga ini selalu menoreh prestasi apik di kancah Pekan Olahraga Nasional (PON). Hanya saja dalam tiga edisi terakhir, cabor anggar absen menyumbang medali emas.

Memang, boleh dibilang dalam 15 tahun terakhir prestasi anggar Aceh merosot. Pada PON 2004 di Palembang, Sumatra Selatan, anggar Aceh terakhir menyumbang medali emas.

“Sejak PON XVII/2008 di Kaltim, anggar Aceh kehilangan medali emas dan PON XIX/2016 Jabar tanpa medali,” kata Ketua Umum Ikasi Aceh, M Nasir Syamaun, Jumat (3/7).

Sejak era 1970-an hingga 2000-an para atlet anggar Aceh di antaranya Teuku Edwar, Iswahyudi, Alkindi, Ema Susana Madjaji, Murisnawati, Sofyan, Elvizar, Habli dan Mardani merajai even nasional pada nomor sabel, floret, degen perorangan maupun beregu.

Menurut M Nasir, dirinya bersama pengurus yang lain bertekad mengembalikan kejayaan anggar Aceh dengan menargetkan satu medali emas pada PON Papua. “Kita berusaha menggali potensi tersebut, target kita satu medali emas di PON,” tegasnya.

Pelatih Nasional

Tekad yang diusung M Nasir itu mulai ingin dibuktikan dengan mengontrak pelatih anggar nasional asal Jawa Timur, Fathullah. Pelatih emas anggar SEA Games 2019 Filipina ini sudah empat hari bermukim di Tanah Rencong.

Kepada Waspada, ia mengatakan dalam beberapa bulan mendatang dirinya akan membenahi fisik dan teknik para atlet yang dipersiapkan untuk tampil di PON Papua 2021.

Ia berharap semangat para atlet tetap bagus, sehingga bisa mempersembahkan hasil yang terbaik sesuai harapan Pengprov Ikasi dan KONI Aceh. “Harus semangat berlatih demi kejayaan anggar Aceh,” ucap Fathullah.

Mantan pelatih anggar Jatim ini mengatakan ada potensi yang bisa dipoles lagi, terutama pada nomor sabel. “Kita punya empat atlet sabel dan si Ella (Elvanda Cantika Putri) pernah saya lihat. Dia punya prestasi di PON Remaja I di Surabaya pada 2014,” sebutnya.

“Waktu kejuaraan juga. Saya pikir ini modal yang bagus untuk kita tingkatkan lagi di PON. Mudah-mudahan di PON nanti, dia bisa memberikan medali untuk Aceh,” tambahnya.

Seperti diketahui, Elvanda Cantika Putri adalah peraih medali perak PON Remaja 2014. Dia adalah satu dari delapan atlet anggar Aceh yang digembleng Fathullah pada Pelatda Sentralisasi yang saat ini sedang berlangsung.

Selain Elvanda, atlet lainnya adalah Ummi Nadra, Elvanda Cantika Putri (Sabel Putri Perorangan), Saidi Nanda Mulkan, M Dhimas Mahendra (Sabel Putra Perorangan), Erwan Tona, Zaidil Almuqaddim, Yudi Anggara Putra (Floret Putra Perorangan) dan Ody Tasmara (Degen Putra Perorangan). (b04/C)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2