Waspada
Waspada » Hormati Maradona, FIFA Diminta Pensiunkan Nomor 10
Olahraga

Hormati Maradona, FIFA Diminta Pensiunkan Nomor 10

WARGA berkumpul di depan mural Diego Maradona di Bueno Aires. Reuters

BUENOS AIRES (Waspada): Manajer Marseille, Andre Villas-Boas, menyeru FIFA agar mengistirahatkan nomor 10 demi menghormati legenda Argentina, Diego Maradona yang meninggal dunia dalam usia 60 tahun karena serangan jantung.

Maradona dianggap sebagai salah satu pemain terbesar sepanjang masa yang disebut para penggemarnya di Argentina sebagai ‘El Dios’ yang artinya sang dewa, tapi itu juga bermain kata dari nomor sepuluh yang dikenakannya, ‘El Diez.’

Napoli yang pernah dibela Maradona sudah tak lagi memakai kostum nomor 10 sejak 2000 sebagai tanda menghormati sang pemain yang mengantarkan mereka meraih sejumlah trofi.

Kini Villas-Boas meminta badan sepakbola dunia FIFA juga memberikan penghormatan serupa dengan memensiunkan nomor itu.

“Maradona, ya itu kabar yang berat, saya ingin FIFA memensiunkan kaus nomor 10 dari semua kompetisi, untuk semua tim,” kata Villas-Boas kepada wartawan setelah Marseille kalah 0-2 dalam Liga Champions melawan Porto.

“Itu akan menjadi penghormatan terbesar yang bisa kita lakukan bagi dia. Dia merupakan kehilangan terbesar untuk dunia sepak bola.”

Namun, FIFA sebelumnya menyatakan tidak akan membiarkan Argentina mengistirahatkan nomor itu.

Diego Maradona meninggal dunia di kediamannya di Tigre, Rabu (25/11) akibat penyakit jantung. Nama Maradona melambung setelah gol “Tangan Tuhan” dan membawa Timnas Argentina menjuarai Piala Dunia 1986.

Diego Maradona dibesarkan dalam kemiskinan akut dan akan selalu berpihak kepada mereka yang tertindas yang membuat Napoli dicemooh oleh klub-klub kaya raya di Italia Utara yang bagi dia adalah tim yang sempurna.

Hanya sedikit pemain yang pengaruhnya begitu luar biasa terhadap sebuah klub seperti dilakukan Maradona selama tujuh tahun kepada Partenopei atau Napoli.

Klub ini dua kali menjuarai Serie A dan satu kali trofi Eropa yang saat itu bernama Piala UEFA ketika Maradona berada di sana. Tetapi ada lebih banyak lagi prestasi ketimbang statistik itu. (m18/rtr)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2