Waspada
Waspada » Holyfield Siap Tarung Ulang Lawan Mike Tyson
Olahraga

Holyfield Siap Tarung Ulang Lawan Mike Tyson

JAKARTA (Waspada): Mantan juara dunia kelas berat Evander Holyfield (foto kiri) mengatakan dia terbuka untuk menghadapi petinju yang pernah menjadi rivalnya, Mike Tyson (foto kanan) dalam laga amal dengan syarat pihak Tyson yang minta diadakannya pertemuan itu.

Tyson, 53, kalah dalam dua pertarungan bersejarah melawan Holyfield, 57, selama karir profesional mereka, termasuk pertemuan pada tahun 1997 yang kontroversial di mana Tyson menggigit telinga Holyfield.

‘Iron Mike’ telah merilis beberapa video pelatihan dalam beberapa pekan terakhir yang memicu spekulasi bahwa dia mungkin akan kembali ke arena, sementara Holyfield mengumumkan kembalinya untuk sebuah acara amal di Instagram awal bulan ini.

“Jika saya yang meminta (pertarungan ulang) kepadanya, itu seperti saya menjadi pengganggu yang mengatakan saya ingin melawan seseorang yang telah saya kalahkan dua kali,” kata Holyfield kepada BBC seperti dilansir Reuters, Selasa (26/5).

“Saya tidak ingin ada tekanan pada saya bahwa ‘kamu hanya ingin melawan Mike karena kamu tahu kamu bisa mengalahkannya’.

“Jika dia memukul saya, saya akan membalas. Saya akan berusia 58, dia akan berusia 54 tahun, Anda berbicara tentang kesehatan yang baik dan melakukan hal-hal dengan cara yang benar yang menghormatinya. Saya tidak punya masalah dengan itu.”

Tyson, petinju kelas berat pertama yang memegang gelar WBA, WBC dan IBF, pensiun setelah kalah dari Kevin McBride pada 2005, sementara Holyfield mengulur waktu dalam karirnya sembilan tahun kemudian.

Jika mereka kembali, mereka akan mengikuti jejak Floyd Mayweather Jr dan Manny Pacquiao yang ke luar dari pensiun untuk pertarungan eksibisi.

Untuk Beramal

Mike Tyson sendiri menegaskan akan menggunakan uang yang didapat dalam pertarungan eksibisi untuk beramal. Dalam kurun beberapa pekan belakangan, kabar mengenai ‘Tyson comeback’ menjadi salah satu sorotan publik.

Keinginan ‘Si Leher Beton’ kembali naik ring lantas mendapat beragam tanggapan. Salah satu komentar menyebut Tyson tak bisa menahan godaan mendapat uang dalam jumlah besar.

Dugaan tersebut dibantah mantan juara tinju kelas berat termuda itu. Tyson menyatakan tak lagi membutuhkan uang dan mengutamakan kegiatan sosial dalam agenda kembali bertinju.

“Berapapun uang yang kami dapat, itu akan menjadi milik orang lain. Saya tidak akan menggunakannya, mungkin perusahaan, istri saya karena dia berpartner dengan saya, mungkin dia butuh. Tetapi uang saya untuk amal,” kata Tyson.

Salah satu ajang yang siap menampung Tyson adalah Bare Knuckle Fighting Championship (BKFC) yang pertemukan petarung dalam olahraga tinju tanpa sarung tangan.

Presiden BKFC, David Feldman, disebut menawari kontrak senilai US$20 juta atau senilai Rp293,5 miliar. Selain uang, hal lain yang kerap diperbincangkan mengenai rencana Tyson kembali adalah lawan yang akan dihadapi.

Banyak nama mantan petinju disebut akan menjadi lawan Tyson, seperti Shanon Briggs dan mantan rival Tyson, Evander Holyfield. Selain itu atlet-atlet gulat dan UFC seperti Ken Shamrock dan Tito Ortiz juga mengumbar kesempatan bertarung melawan Tyson. (m18/bbc/rtr)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2