Gubsu Bangga Prestasi Atlet Difabel - Waspada

Gubsu Bangga Prestasi Atlet Difabel

  • Bagikan
ATLET NPC Sumut diabdikan bersama Gubsu Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin dan Kapoldasu Irjen Pol Panca Putra setibanya di KNIA, Senin (15/11). Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Kontingen Sumatera Utara yang berlaga di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI/2021 tiba di Medan melalui Bandara Internasional Kuala Namu, Kabupaten Deliserdang, Senin (15/11) sore.

Tiba sekira pukul 16.00 WIB, para atlet, pelatih, dan ofisial langsung disambut pengalungan bunga serta ucapan selamat dari Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin.

Lima atlet mewakili pengalungan bunga yakni peraih medali emas Peparnas, Nina Gusmita (atletik), Chandra S Simanjuntak (renang), Reza Pramana Perangin-angin (atletik), Catrina Dewi Haloho (catur), dan Yustina Halawa (catur).

Tak sampai di situ, kelima atlet tersebut didampingi Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting selanjutnya diarak bak pahlawan ke liling Kota Medan dengan menggunakan mobil terbuka. Mereka beserta rombongan kontingen mendapat kawalan personel Polda Sumut diarak mulai dari Bandara Kuala Namu menuju Aula Dinas Kehutanan Provinsi Sumut.

Masyarakat Kota Medan tampak antusias menyaksikan dari pinggir jalan. Gubsu Edy Rahmayadi mengaku bangga dengan prestasi atlet paralimpik Sumut yang telah membawa Sumut masuk posisi lima besar. Sumut bahkan berada di peringkat atas dengan mendahului Jawa Timur dan DKI Jakarta yang berada di bawah lima besar.

“Saya sangat bangga melihat prestasi atlet National Paralimpik Committee yang bisa juara lima. Meski di tengah keterbatasan fisik, mereka mampu berjuang dan meraih prestasi sangat membanggakan ini,” ucapnya.

Posisi lima besar di Peparnas tahun ini menurut Gubsu pencapaian fantastis. Sebab, provinsi yang masuk posisi 10 Besar mengirimkan atletnya lebih banyak ketimbang Sumut.

“Papua sudah pasti tuan rumah (dominasi). Kemudian selain Jawa Timur kontingen Sumut ternyata bisa bersaing,” ucap Gubsu bangga.

Dengan prestasi membanggakan ini, tentu pemerintah tidak melupakan reward atas pencapaian tersebut. Edy bahkan memastikan bakal ada bonus yang diberikan kepada atlet berprestasi di ajang Peparnas tahun ini. “Pasti ada. Bonus pasti akan kita berikan kepada mereka yang telah meraih prestasi di Peparnas,” ungkap Gubsu.

Ketua Kontingen Sumut, Ardan Noor, yang telah melihat langsung perjuangan atlet difabel Sumut di Papua merasa salut dan kagum kala melihat besarnya semangat atlet untuk meraih medali bagi kontingen.

“Saya melihat langsung bagaimana perjuangan mereka di Papua. Saya salut sekaligus bangga, karena Sumut masih bisa sejajar dengan lima provinsi terbaik, meski dengan segala keterbatasan jumlah atlet,” kata Ardan Noor yang juga Kadispora Sumut ini.

Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting mengucap terima kasih atas penyambutan luar biasa yang diberikan Gubernur Sumut, Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB. Penyambutan ini menurut Alan akan menambah motivasi mereka untuk bisa kembali mengukir prestasi di Peparnas selanjutnya, termasuk pada 2024 saat Sumut menjadi tuan rumah.

“Terima kasih kami ucapkan atas penyambutan luar biasa ini. Pak Gubsu juga tadi sudah siapkan bonus bagi atlet kita yang meraih prestasi. Tentu kita akan lebih termotivasi menjadi juara umum di Peparnas 2024,” yakin Alan.

Altet peraih tiga medali emas, Nina Gusmita, tidak menyangka mendapat sambutan luar biasa dari pemerintah. Atlet balap kursi roda ini pun merasa terhormat bisa disambut orang nomor satu di Sumut itu.

“Sangat bangga kepada Pak Edy yang telah menyambut kedatangan kami. Kami berjanji akan tampil lebih baik di Peparnas 2024,” ujarnya.

Seperti diketahui, pada Peparnas 2021 Papua, Sumatera Utara mampu masuk poisi lima besar daftar peraih medali. Total Sumut meraih 27 medali emas, 32 perak, dan 15 perunggu. Sumut dan Aceh juga dipastikan sebagai tuan rumah bersama PON dan Peparnas 2024. (m33)

  • Bagikan