Waspada
Waspada » Ginting & Jojo Tembus Semifinal
Olahraga

Ginting & Jojo Tembus Semifinal

Antara

JAKARTA (Waspada): Anthony Sinisuka Ginting melaju ke semifinal turnamen internal PBSI usai menang mudah atas Alvi Wijaya Chairullah di Pelatnas PBSI Cipayung, Kamis (9/7).

Pada laga perempatfinal yang hanya berdurasi 28 menit itu, Ginting menumbangkan juniornya tersebut dalam dua set dengan skor 21-10, 21-11. Tak banyak perlawanan ditunjukkan pemain berusia 17 tahun itu baik di set pertama maupun kedua.

“Awalnya saya kaget juga melihat serangannya di awal set. Tapi lama-lama kebaca juga. Dia (Alvi) memang masih muda dan baru gabung di Pelatnas PBSI. Jalannya masih panjang,” kata Ginting setelah pertandingan.

Meski demikian, atlet jebolan SGS PLN Bandung itu menilai Alvi berpotensi menjadi pemain bulutangkis yang bagus ke depannya asalkan rajin berlatih dan pantang menyerah.

“Dia memang belum banyak pengalaman. Tapi menurut saya, dia salah satu pemain yang bagus ke depannya. Terpenting banyak latihan, karena masih banyak yang harus diperbaiki dan ditingkatkan lagi,” ujar Ginting.

Selanjutnya pada laga semifinal Jumat (10/7), Ginting akan menghadapi Chico Aura Dwi Wardoyo yang di perempatfinal mengalahkan Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay.

Menang Susah Payah

Sukses Ginting ke semifinal diikuti Jonatan Christie. Berbeda dengan Ginting, Jojo harus melewati pertarungan sengit melawan Karono. Jonatan menjalani pertandingan tiga set untuk mengalahkan Karono.

Duel sengit kedua pemain ini sudah tersaji sejak awal pertandingan. Jonatan sendiri tampak kewalahan meladeni permainan Karono di awal-awal laga sehingga harus tertinggal di interval set pertama dengan skor 9-11.

Setelah interval, Jojo berusaha bangkit. Usahanya pun berbuah manis karena perlahan dapat mengatasi tekanan Karono hingga berbalik unggul. Kondisi ini terus dipertahankan peraih medali emas Asian Games 2018 itu hingga memenangkan laga set pertama 21-18.

Di set kedua, Jojo mampu melanjutkan tren positifnya. Ia terus memegang kendali permainan hingga unggul di interval. Jojo unggul hingga lima poin atas pemain kelahiran 28 Februari 2000 itu dengan skor 11-6.

Tetapi, secara mengejutkan Karono mampu mengejar ketertinggalannya atas Jonatan. Usahanya berhasil membuahkan banyak poin hingga membawa Karono membalikkan keadaan. Ia bergantian memimpin pertandingan hingga menyelesaikan laga dengan skor 21-18.

Dengan kondisi ini, laga pun akhirnya harus dilanjutkan set ketiga. Di set ini, tensi permainan kian meningkat. Kejar-kejaran angka pun sempat mewarnai pertandingan. Tetapi, Jonatan mampu tampil lebih baik hingga memimpin di interval dengan skor 11-8.

Setelah interval, panjangnya durasi permainan tampaknya telah memengaruhi performa Jonatan di atas lapangan. Meski masih bisa memimpin laga, Jonatan harus mendapat perawatan sejenak dari tim medis di pinggir lapangan karena mengalami keram di bagian paha.

Meski begitu, Jonatan tetap bisa tampil dengan baik. Ia mampu mengatasi perlawanan yang diberikan Karono yang berusaha menjaga asa melenggang ke semifinal. Laga set ketiga pun dimenangkan oleh Jonatan dengan skor 21-16.

Dengan hasil ini, Jonatan telah melengkapi posisi semifinal. Jonatan di semifinal akan menghadapi Shesar Hiren Rhustavito yang meraih kemenangan mudah atas Tegar Sulistio pada perempatfinal dalam waktu hanya hanya 30 menit dengan skor telak 21-13, 21-5. (m18/ant)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2