Waspada
Waspada » Gelar Juara Dunia Mir Kado 100 Tahun Suzuki
Olahraga

Gelar Juara Dunia Mir Kado 100 Tahun Suzuki

JUARA Dunia MotoGP 2020, Joan Mir, bersama kru tim Suzuki Ecstar merayakan kemenangan. AFP

VALENCIA, Spanyol (Waspada): Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, berhasil mengunci gelar juara Dunia MotoGP 2020 usai menyelesaikan balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (15/11) malam.

Kebahagiaan dirasakan seluruh tim dan fans Suzuki di seluruh jagat, mengingat gelar bergengsi tersebut berhasil diraih kembali setelah dinantikan 20 tahun sejak Kenny Robert Jr menuai sukses serupa di tahun 2000.

Prestasi gemilang tersebut sekaligus menjadi kado terindah di hari ulang tahun ke-100 Suzuki. Balapan Valencia GP merupakan peristiwa menegangkan bagi tim Suzuki Ecstar saat Joan Mir menghadapi match point pertama musim ini.

Namun, Mallorcan muda menjalani balapan dengan cerdas, melakukan strategi tepat guna menyegel mahkota juara MotoGP 2020, meski masih tersisa satu putaran lagi.

Memulai balapan dari posisi 12 dan 14 di grid, Joan Mir dan Alex Rins tahu akan sulit untuk mengulang hasil 1-2 seperti yang mereka raih seminggu sebelumnya di Ricardo Tormo. Namun, kedua pebalap terlihat solid untuk mendapatkan posisi yang tepat di lap awal.

Sedangkan Rins mulai mengejar grup pemimpin. Rins menempati peringkat keempat, posisi yang kuat untuk menjaga peluang posisi runner-up di akhir musim, sekaligus membantu  Suzuki Ecstar mengamankan gelar kejuaraan tim.

Mir, menyelesaikan Valencia GP di tempat ketujuh. Tetapi yang terpenting, memiliki selisih 29 poin di klasemen yang memastikannya meraih gelar juara Dunia MotoGP 2020.

Di arena balap, sukses tersebut terjadi pada momen 60 tahun Suzuki berlaga di kejuaraan Dunia balap. Tak heran jika Suzuki dengan bangga menghadirkan Suzuki GSX-R150 dengan tampilan warna dan livery baru yang identik dengan Suzuki GSX-RR musim 2020.

Kemajuan di bidang balap ini pula yang menginspirasi Suzuki terus menciptakan sepeda motor terbaik di kelasnya, seperti Suzuki GSX-R150. Gelar juara Dunia musim 2020 adalah ke-16 bagi Suzuki (di semua kelas) dan yang ke-2 bagi Mir setelah gelar Moto3 pada 2017. Joan Mir adalah pebalap ke-10 dalam sejarah memenangkan gelar juara Dunia menggunakan Suzuki.

Minggu lalu juga merupakan hari penting bagi Suzuki Ecstar, karena menjadi tim pertama dalam sejarah Suzuki yang memenangkan kejuaraan kategori tim.

“Kejuaraan Dunia. Kedengarannya luar biasa. Sangat sulit untuk menemukan kata-katanya saat ini, tetapi saya harus mengucapkan terima kasih kepada begitu banyak orang, kepada Suzuki atas kesempatan ini, saya sangat senang memberi mereka gelar,” ucap Mir.

Ditemui terpisah di Medan, Operation Manager PT. Sunindo Varia Motor Gemilang selaku main dealer Suzuki R2 Sumbagut, Yosefs Kristian, menyatakan rasa gembiranya atas pencapaian luar biasa pabrikan berlogo S ini.

“Puji syukur kepada Tuhan, karena kemenangan ini selain membuktikan keunggulan performa sepeda motor Suzuki, juga sekaligus sebagai kado terindah ulang tahun ke-100 Suzuki di Dunia dan ke-50 Suzuki di Indonesia,” ujar Yosefs Kristian. (m23/src)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2