Waspada
Waspada » FOKBI Ingin Ciptakan Senam Khas Sumut
Olahraga

FOKBI Ingin Ciptakan Senam Khas Sumut

PELANTIKAN Pengurus FOKBI Sumut Periode 2020-2025 digelar secara virtual. Waspada/Arianda Tanjung

MEDAN (Waspada): Pengurus Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI) Sumatera Utara Periode 2020-2025 yang baru saja dilantik beberapa waktu lalu, bertekad menciptakan senam khas Sumatera Utara yang terdiri atas delapan etnis.

Ketua Umum FOKBI Sumut, dr Hj Liliana Puspa Sari diwakili Ketua Harian Edy Caustantin SPd menjelaskan FOKBI merupakan organisasi olahraga rekreasi yang bergerak di bidang kerasi budaya. Agenda utama FOKBI yakni mengembangkan senam poco-poco GWR.

“FOKBI Sumut targetnya sampai akhir kepengurusan nanti ingin menciptakan suatu gerakan senam khas Sumut yang terdiri atas delapan etnis. Sejak kepengurusan dilantik, target tersebut sudah mulai diupayakan untuk diwujudkan,” ujar Edy, Kamis (3/12).

Dikatakan, organisasi ini juga pada dasarnya ingin menggabungkan antara insan olahraga senam dan sanggar tari. “Dari sinilah nanti akan lahir kreativitas-kreativitas kedaerahan berupa senam bercampur tarian,” tambahnya.

Diakui Edi, organisasi ini terbentuk diawali dengan prestasi yang diraih para pesenam Sumut, mulai dari tingkat pelajar hingga profesional. Sebut saja di lomba virtual senam tingkat nasional bertajuk ‘Ayo Ke Museum’, pesenam atas nama Prilly Tri Tania, Putri Rahmadani Zein, dan Tasya Namira sukses meraih juara kedua.

“Lalu, masih di ajang yang sama tingkat anak-anak, pesenam kita meraih juara keenam atas nama Andien Dwisavira, Tiara Zivani, Syah Zura, Salsabillah, Jihan Malyka, Aira, Mardiatul Nazwa, Kirana, dan Fawwazi Arka,” ujarnya.

Lanjut Edi, hingga saat ini FOKBI sudah ada di tiga kabupaten/kota di Sumut, yakni di Labuhan Batu Selatan, Kota Medan, dan Kabupaten Serdang Bedagai. Akan menyusul di kabupaten/kota lainnya dalam waktu dekat seperti Kabupaten Deliserdang.

“Sebelum terbentuk, pesenam di bawah naungan FOKBI Sumut juga sudah aktif mengikuti sejumlah kejuaraan tingkat Nasional,” tambah Edy. (m33)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2