Floyd Mayweather Sumbangkan Rp1,2 Miliar Untuk Pemakaman George Floyd - Waspada

Floyd Mayweather Sumbangkan Rp1,2 Miliar Untuk Pemakaman George Floyd

  • Bagikan

LOS ANGELES, AS (Waspada): Mantan juara tinju Floyd Mayweather menawarkan bantuan untuk membiayai prosesi pemakaman George Floyd, pria kulit hitam yang tewas karena kebrutalan polisi. Keluarga pun menerima tawaran tersebut.

Secara personal, Mayweather telah menjalin komunikasi dengan keluarga Floyd, menurut CEO Mayweather Promotions, Leonard Ellerbe, sebagaimana dilansir dari TIME, Rabu (3/6).

Mayweather akan membiayai upacara pemakaman yang akan berlangsung pada 9 Juni di kota kelahiran Floyd, Houston, Texas. Mayweather menyumbang cek sebesar US$88.500 (sekitar Rp1,2 miliar) untuk biaya pemakaman Floyd.

“Anda melakukan hal-hal yang berbeda dengan cara yang berbeda. Jadi kami membantu dengan cara itu. Dia mengadakan tiga sesi acara pemakaman atau mungkin empat, tapi saya mengurus semuanya,” kata Mayweather dikutip The Sun.

George Floyd meninggal pada 25 Mei setelah seorang petugas polisi kulit putih Minneapolis menindih lehernya dengan lutut sembari diborgol. Saat itu Floyd mengeluh tak bisa bernapas.

Floyd ditangkap karena diduga membayar dengan uang palsu. Kematiannya menuai kecaman dan unjuk rasa di seluruh AS, bahkan terjadi unjuk rasa di sejumlah negara. Beberapa unjuk rasa di AS berujung rusuh.

TMZ melaporkan tawaran Mayweather, dan mengatakan petinju itu juga akan membiayai prosesi di Minnesota dan North Carolina. “Dia kemungkinan akan marah pada saya karena mengatakan hal itu, tapi ya, dia pastinya membiayai pemakaman,” kata Ellerbe kepada ESPN.com pada Senin.

Mayweather yang berdomisili di Las Vegas dikabarkan belum bertemu keluarga Floyd. Mayweather, yang pensiun setelah 50 pertarungan tak terkalahkan, memenangkan lima gelar divisi, juga membiayai pemakaman mantan lawannya di atas ring.

Mayweather memenangkan kejuaraan dunia pertamanya ketika dia mengalahkan Genaro Hernandez untuk gelar kelas bulu super WBC pada tahun 1998. Hernandez meninggal 13 tahun kemudian karena kanker, dan Mayweather menanggung biaya pemakamannya.

Mayweather dianggap sebagai salah satu petinju terbaik di generasinya. Di antara petinju juara dunia yang ia kalahkan sebelum pensiun pada 2017, adalah Manny Pacquiao, Canelo Alvarez, Oscar de la Hoya dan Miguel Cotto. (the sun/m11)

 

  • Bagikan