Festival Piala Pelajar Pemuda Jaga Momentum Pembinaan - Waspada

Festival Piala Pelajar Pemuda Jaga Momentum Pembinaan

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Dalam rangka memeringati Hari Sumpah Pemuda, akan digelar Festival Sepakbola Usia Dini Piala Pelajar Pemuda tahun 2020 di Lapangan Megu Cilik Cirebon, Jawa Barat, 31 Oktober hingga 1 November 2020.

Ketua Panitia, Yoga Pratama, mengatakan festival yang mendapat dukungan dari Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) Pusat ini mempertandingkan dua katagori, yakni kategori pemain kelahiran tahun 2009 dan pemain kelahiran tahun 2008. Tim peserta berasal dari wilayah Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi.

“Melalui festival ini, kami panitia ingin turut menjaga momentum pembinaan sepakbola usia dini di Tanah Air di tengah pandemi Covid-19. Kami ingin semangat pembinaan sepakbola usia dini tetap bergeliat dengan menjalankan protokol kesehatan,” ujar Yoga, Senin (12/10).

Selain itu, lanjut Yoga, festival ini juga diharapkan dapat meningkatkan imunitas dan menjaga kebugaran para peserta. Sehingga diharapkan para pemain tidak akan mudah terserang penyakit, khususnya virus Corona yang sedang melanda dunia, termasuk Indonesia.

Saat ini sudah ada 80 tim yang mendaftar dari sejumlah provinsi. Pendaftaran masih dibuka hingga 16 Oktober. Nantinya hanya 20 tim peserta saja yang akan bertanding untuk masing-masing kategori. Sehingga panitia akan melakukan seleksi tim mana saja memenuhi syarat untuk bertanding.

“Untuk menentukan tim-tim yang berhak bertanding akan dilakukan screening via online pada 20 Oktober. Selanjutnya manager meeting dan drawing pada 25 Oktober. Pelaksanaan festival akan menerapkan petunjuk protokol kesehatan yang telah disiapkan panitia,” ucap Yoga.

Ditambahkan, panitia akan memberikan apresiasi kepada tim juara berupa piala dan dana pembinaa kepada juara 1 hingga juara 3. “Pembukaan festival nantinya dihadiri Ketua Umum Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) Pusat, Bapak Subagja Suihan dan
stakeholder sepakbola di Cirebon,” kata Yoga.

Ketua Umum BLiSPI Pusat, Subagja Suihan SSos (foto), saat dikonfirmasi sangat mendukung pelaksanaan festival Piala Pelajar Pemuda. Dia berharap dari ajang ini muncul bibit-bibit pesepakbola andal dari sejumlah daerah di Indonesia untuk bisa dilakukan pembinaan lebih lanjut.

“Kita apresiasi panitia tetap semangat membuat kegiatan pembinaan sepakbola usia dini walau masih dalam suasana pendemi. Ini sangat baik agar proses pembinaan tidak terhenti. Sepanjang protokol kesehatan dijalankan dengan ketat, BLISPI mendukung festival ini,” ucap Subagja.

Pria yang juga menjabat Wakil Ketua Asprov PSSI Sumut ini berharap gairah berolahraga khususnya sepakbola di daerah-daerah tidak terhenti. “SSB atau akademi sepakbola kita harapakan tetap jalankan pembinaan, terlebih di daerah yang masih zona hijau Covid-19,” pungkas Subagja Suihan.

Tim-tim peserta yang sudah mendaftar dari Wilayah Jawa Barat adalah SSB Sanggarang, SSB Tunas Jaya Gebang,
SSB Pesiar Arjawinangun, SSB Erge Giyongan, SSB Girang Raya.

SSB Garuda Tegal Wangi, SSB Rangga Jati Sumber, SSB Wanakerta, SSB CJ Sentra Bode, SSB Aspen Jaya Bode Sari, SSB Bina Sentra, SSB Bina Sentra Selection, SSB Bina Prestasi, Uni Bandung.

Perwakilan Jakarta: SSB Mess Muara Angke dan SSB KONI All Star. Perwakilan Banten: SSB FU 15 Tangerang dan SSB Salsfas Soccer. Perwakilan Sulawesi:
SSB Bina Bakat Kalteng.

Perwakilan Sumatera: SSB 58 Lampung Timur, SSB Tunas Jaya Lampung
Tengah, Bina Sentra Asam Kumbang Medan, Sumut. (m18)

  • Bagikan