Waspada
Waspada » Dortmund Menyerah Buru Bayern
Olahraga

Dortmund Menyerah Buru Bayern

BINTANG kemenangan Bayern Munich Joshua Kimmich (kanan) merayakan golnya ke gawang Borussia Dortmund di stadion kosong Signal Iduna Park.(Getty Images)

BERLIN (Waspada): Borussia Dortmund menyerah untuk memburu Bayern Munich dalam perebutan gelar juara Bundesliga Jerman 2019/2020, setelah mereka takluk 0-1 dari sang pemimpin klasemen pada spieltag 28.

Menjamu juara bertahan Die Bavarians di stadion kosong Signal Iduna Park, Selasa (Rabu WIB), Die Borussen kalah akibat kebobolan gol cantik Joshua Kimmich menit 43.

“Bayern Munich sudah berada di luar jalur juara. Sekarang semuanya tergantung mereka untuk memenanginya atau tidak,” jelas Mats Hummels, mantan bek sentral Bayern yang kini kembali membela Dortmund.

“Kami sudah tertinggal tujuh poin dan tidak punya pilihan selain memenangi laga tersisa. Kami juga berharap mereka tergelincir tiga kali dalam enam laga ke depan,” tambah Hummels di laman resmi Dortmund, Rabu (27/5).

Direktur Olahraga Dortmund Michael Zorc mengatakan sebelum pertandingan bahwa Marco Reus cs wajib menang bila ingin memiliki kesempatan menempel FC Hollywood.

Namun pasukan Lucian Favre gagal menunaikannya, sehingga jarak Die Schwarzgelben kian jauh di bawah Die Roten yang telah mengoleksi 64 poin. Dortmund yang menduduki peringkat dua nilai 57, bahkan kian dipepet RB Leipzig (54) yang Kamis dinihari menjamu Hertha Berlin.

“Kami membuat awal yang sangat baik dalam 30 menit pembukaan. Tetapi kami bermain terlalu dalam setelah itu,” ucap Favre lewat Goal.

“Posisi kami akan sangat sulit dalam perburuan gelar. Tertinggal tujuh poin dengan enam pertandingan (tersisa), itu akan sangat sulit,” ratap pelatih asal Swiss berusia 62 tahun itu.

Jalannya Pertandingan

Dortmund mengancam sejak awal saat sepakan Erling Haaland yang melewati sela-sela kaki kiper Manuel Neuer masih dapat diamankan bek Jerome Boateng, sebelum melewati garis gawang Bayern.

Gawang Bayern kemasukan beberapa saat kemudian melalui sepakan Raphael Guerreiro. Namun gol itu tidak disahkan karena sang pemain berada dalam posisi offside.

Ketika babak pertama menyisakan dua menit, Kingsley Coman mengoperkan bola kepada Kimmich yang berada di tepi kotak penalti Dortmund. Kimmich kemudian melepaskan sepakan cungkil yang gagal dihalau kiper Roman Burki.

“Roman Burki kiper hebat, dia mencoba memiliki sudut pandang yang lebih baik. Joshua melihatnya dan itu gol yang indah,” puji pemain senior Bayern Thomas Muller.

Favre berusaha menambah daya serang Dortmund setelah turun minum dengan memasukkan Emre Can dan Jadon Sancho. Kedua tim kembali saling mengancam, namun tidak ada gol lagi yang tercipta hingga bubaran laga.

“Itu kemenangan penting, kami mengambil langkah besar ke depan. Rasanya senang bisa unggul tujuh poin,” papar pelatih Bayern Hansi Flick.

“Kami selalu cocok untuk pertandingan melawan Dortmund. Itu pernyataan penting dan kemenangan yang sangat penting bagi kami,” timpal kapten Neuer.

Bayern selanjutnya akan menghadapi Fortuna Dusseldorf pada spieltag 29, Sabtu malam WIB. (m08/dpa/goal)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2