Waspada
Waspada » Dokter PSMS Era Juara Perserikatan Tutup Usia
Olahraga

Dokter PSMS Era Juara Perserikatan Tutup Usia

KETUA Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis bertakziah di rumah duka keluarga Almarhum Dr Marah Ganti Siregar didampingi Prof Dr dr M Fidel Ganis Siregar. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Pembina kesehatan olahraga yaitu dokter PSMS Medan ketika juara di era Perserikatan 1983 dan 1985, Dr Marah Ganti Siregar SpPA meninggal dunia di ruang ICU RS Universitas Sumatera Utara, Rabu (22/4) dini hari.

Kabar duka itu disampaikan langsung anak kandung dr Marah Ganti, Prof Dr dr M Fidel Ganis SpOG (K). Prof dr Fidel yang juga WR 2 USU serta Exco Asprov PSSI Sumut bidang pembinaan usia dini, menyampaikan wafatnya almarhum setelah melalui perawatan panjang.

Ratusan pentakziah datang ke rumah duka di Komplek USU Jl Dr Sumarsono, namun tetap terlihat menjaga physical distancing. Tampak hadir Rektor USU Prof Runtung, para Wakil Rektor di antara WR III Mahyuddin Nasution, WR IV Prof Bustami Syam dan WR V Luhut Sihombing. Dekan FK USU Aldi Syafruddin Rambe, Dekan FISIP Muryanto Amin, Direktur Utama RS USU Dr dr Syah Mirsya Warli, Ketua IDI Sumut dr Edy Ardiansyah.

Dari dunia olahraga hadir mantan Ketua Umum PSSI yang kini duduk sebagai legislator di DPR RI Prof Djohar Arifin Husin, Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis dan beberapa pengurus di antaranya Hj Dahliana dan Muhammad Zeinizen.

Dari Asprov PSSI Sumut hadir Sekum Fityan Hamdy dan jajaran pengurus di antaranya Muhammad, Ernita Daulay, Sekum PSMS Julius Raja, para pembina PS Keluarga USU, jajaran pelatih sepakbola serta jiran tetangga dan civitas akademia USU.

Tokoh Berdedikasi

John Ismadi Lubis dalam kata-kata takziahnya menyampaikan konsistensi almarhum dalam membina olahraga dan kesehatan olahraga yang sangat diperlukan untuk penilaian atlet khususnya untuk berbagai event.

Rektor USU Prof Runtung menyampaikan USU kehilangan tokoh yang berdedikasi. Rektor berharap para generasi muda dapat menauladani beliau.

Dr Marah Ganti Siregar SpPA meningga dalam usia 87 tahun. Pak dokter ini angkatan 1 Fakultas Kedokteran USU 1952, Pensiunan Dosen Fakultas Kedokteran USU, juga lama menjadi tim kesehatan KONI Sumut sejak 1973-1985.

Pernah menjadi Ketua Tim Kesehatan PON Sumut 1973-1977-1981-1997, Ketua Tim Kesehatan Pomnas Sumut ke beberapa Pekan Olahraga Mahasiswa, Ketua PP KORI (Persatuan Pembina Kesehatan Olahraga Indonesia) Sumut.

Dalam catatan, Marah Ganti sering bernazar demi kemajuan PSMS. Di antaranya pada tahun 1983 saat PSMS menaklukan Timnas Irak 1-0 dalam kejuaraan Piala Marah Halim, dr Marah Ganti tidur di tengah lapangan Stadion Kebun Bunga selepas Isya hingga jelang Subuh.

Prof Fidel dalam kesempatan terpisah bercerita bahwa almarhum ayahnya adalah orang yang tak pernah memberi perintah tetapi selalu menunjukkan contoh. Almarhum selalu sederhana dalam segala hal.

Almarhum yang juga dikenal sebagai dokter bertangan dingin khususnya di wilayah perkebunan Deliserdang meninggalkan seorang istri, dua anak dan 4 orang cucu dimana seorang di antaranya Muhammad Ernesto Ganis Siregar yang merupakan kiper Pelatda Sepakbola PON Sumut ke PON Papua 2020, dan saat ini kuliah di Fakultas Kedokteran USU. (m42)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2