Dispora Medan Sosialisasi Protokol Kesehatan Olahraga - Waspada

Dispora Medan Sosialisasi Protokol Kesehatan Olahraga

  • Bagikan
PLT Kadispora Medan, Drs H A’zam Nasution MAP memimpin rapat sosialisasi surat edaran Kemenpora tentang Protokol Kesehatan Olahraga di Ruang Rapat Dispora Medan, Rabu (17/6). Waspada/Armansyah Th

MEDAN (Waspada): Dispora Kota Medan mendorong masyarakat menyambut tatanan new normal atau normal baru dalam bidang kepemudaan dan olahraga.

Dalam hal ini, Dispora Medan menjadi instansi yang bergerak cepat menyosialisasikan surat edaran Kemenpora tentang Protokol Kesehatan Olahraga di masa pandemi Covid-19.

Adapun surat edaran Kemenpora itu bernomor: 6.11.1/MENPORA/VI/2020 tentang protokol pencegahan penularan Covid-19 pada kegiatan kepemudaan dan keolahragaan dalam mendukung keberlangsungan pemulihan kegiatan melalui adaptasi perubahan pola hidup.

                                             

Hal ini diungkapkan Plt Kadispora Kota Medan, Drs H A’zam Nasution MAP dalam rapat bersama KONI Medan, Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Medan, Siwo PWI Sumut, Isori Medan, NPC Medan dan Kwarcab Medan, Rabu (17/6).

“Menyikapi surat edaran Kemenpora, kita dianjurkan melaksanakan kegiatan dengan mengikuti protokol kesehatan. Yang jelas program kita banyak tertinggal. Dari sektor olahraga prestasi, pendidikan maupun olahraga rekreasi,” ungkap A’zam di Ruang Rapat Dispora Medan.

A’zam mengaku jika dampak virus asal Wuhan, China ini adalah terhambatnya prestasi olahraga. Hal ini juga karena berhentinya sejumlah kegiatan dan kejuaraan olahraga. Tatanan new normal sekarang ini, lanjut A’zam menjadi titik awal kembali bangkitkan gairah olahraga.

“Event olahraga prestasi terutama di Kota Medan sudah banyak terhambat. Baik yang berjenjang maupun sifatnya kejuaraan. Kita tidak boleh berdiam diri. Mari kita satu suara dalam kebersamaan meningkatkan prestasi olahraga di masa pandemi,” tegasnya.

Ketua Umum KONI Medan, Eddy H Sibarani, menyambut baik gebrakan Dispora Medan tersebut. Penerapan surat edaran Kemenpora itu juga dilakukan dengan syarat lokal.

“Intinya (rapat) sepakat melanjutkan program olahraga tapi dengan catatan harus menerapkan protokol kesehatan. Dilakukan turunan surat edaran muatan lokal yang ada di Medan. Apa rambu yang perlu dibuat,” tegas Eddy Sibarani.

KONI Medan sendiri telah bersiap melanjutkan program dan kegiatan yang sempat tertunda akibat dampak Covid-19. “Sekira 95 persen penerapan protokol kesehatan itu sudah berjalan. Tetapi tetap lebih berhati-hati ikuti aturan pemerintah. Berolahraga tentu lebih baik untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas tubuh,” sebutnya.

Ketua Siwo PWI Sumut, SR Hamonangan Panggabean menegaskan pihaknya siap mengawal tatanan new normal dalam bidang olahraga dan pemuda.

“Kita siap mendukung surat edaran Kemenpora dan Dispora Medan. Namun, tetap protokol kesehatan harus diterapkan dengan ketat dan disiplin,” ucap Hamonangan. (m23)

  • Bagikan