Waspada
Waspada » Disporseni UT Diikuti 1.602 Peserta
Olahraga

Disporseni UT Diikuti 1.602 Peserta

Pembacaan janji juri menandakan dimulainya secara resmi Disporseni Nasional 2020 yang diselenggarajan Universitas Terbuka (UT), Selasa (18/8) yang penuh sportivitas.

TANGERANG SELATAN (Waspada): Universitas Terbuka (UT) kembali menggelar agenda tahunan Diskusi, Pekan Olah Raga, dan Seni Universitas Terbuka (Disporseni) Nasional.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Disporseni Nasional tahun 2020 ini untuk pertama kalinya dilakukan secara dalam jaringan (daring) dengan memanfaatkan beragam media Teknologi Komunikasi dan Informasi (TIK).

Kegiatan yang bertujuan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa ini mengusung tema ‘Sportivitas dan Kreativitas Mahasiswa di Era Siber’.

“Tema ini dipilih karena di tengahtengah kemajuan TIK mahasiswa dituntut untuk selalu kreatif dengan tetap menjunjung tinggi jiwa sportivitas,” ujar Rektor UT, Prof Ojat Darojat, dalam sambutan pada pembukaan Disporseni yang disiarkan secara daring dari kampus UT, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Selasa (18/8). Disporseni berlangsung sampai lebih dari sepekan.

Sebanyak 1.602 peserta yang sebagian besar adalah mahasiswa UT dari berbagai Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ), turut ambil bagian. Diantara jumlah terdapat 132 peserta dari PTN/PTS undangan yang mengikuti pertandingan dan perlombaan di 16 cabang. Cabang olah raga dan seni diantaranta  Debat Bahasa Inggis, Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Poster Edukatif, Seni Tari, Seni Suara, Seni Foto, Paduan Suara, Master of Ceremony (MC), Kisah inspratif, tagline UT, Testimoni UT, Tilawatil Qur’an, catur online, dan Mobile Legends.

“Beberapa mata lomba olah raga seperti tenis meja dan bulu tangkis yang menghadirkan banyak penonton, tidak digelar,” kata Ojat.

Dalam kesempatan itu, peserta dari UPBJJ Medan membacakan janji atlet. Sedangkan janji juri dibacakan Tengku Lufiana dan
Yuli Tirtariandi El Anshori dari UT Pusat.

Sebanyak 11 dari 16 cabang dipertandingkan secara nasional dengan mengundang 30 PTN/PTS di Indonesia, sedangkan 5 cabang lainnya dilombakan secara internal.

“Cabang yang paling banyak diminati dalam kegiatan Disporseni tahun ini dan sedang menjadi trend di kalangan milenial adalah mobile legends, di mana hampir semua kontingen mengirimkan atletnya,” imbuh Ojat.

Para pemenang semua cabang akan diumumkan secara resmi pada acara puncak Dies Natalis UT ke-36 pada awal September mendatang.

Untuk diketahui, UT akan memperingati Dies Natalis ke-36 pada tanggal 4 September 2020 mendatang. Sepanjang perjalanannya, UT telah menjadi pionir dalam penyelenggaraan PTTJJ di Indonesia. Pengalaman yang telah dimiliki UT selama 36 tahun dalam pengembangan PTTJJ, memberikan kepercayaan bagi mitra baik di dalam negeri maupun luar negeri untuk tetap menjalin kerja sama yang baik. Dengan mengemban misi yang mulia yaitu pemerataan akses pendidikan tinggi, UT tidak hanya menjangkau mahasiswanya di seluruh pelosok Indonesia, tetapi juga hingga mahasiswa di luar negeri. (J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2