Waspada
Waspada » Dalih Debut Buruk De Boer
Olahraga

Dalih Debut Buruk De Boer

Archyde

AMSTERDAM (Waspada): Frank de Boer (foto kiri) menjalani debut buruk sebagai pelatih baru Timnas Belanda yang dipecundangi tamunya Meksiko 0-1 pada laga ujicoba internasional di Johan Cryuff Arena, Amsterdam.

Striker Meksiko Raul Jimenez membuat beberapa peluang di babak pertama dalam laga Rabu (Kamis WIB) itu. Jimenez akhirnya mencetak gol penalti di babak kedua, setelah dia dilanggar bek Nathan Ake di kotak terlarang Meneer.

De Boer mengaku sangat menginginkan kemenangan dalam debutnya, namun berdalih merasa logis kalah karena menyimpan beberapa pemain inti untuk laga UEFA Nations League dalam sepekan ke depan.

“Tentu saja saya kecewa. Saya selalu ingin menang, tapi kami membuat sejumlah pilihan logis dengan mengistirahatkan beberapa pemain inti,” dalih De Boer, seperti dikutip dari laman UEFA, Kamis (8/10).

“Hasil ini jelas tidak diinginkan, tetapi ini hanya laga ujicoba. Lagipula saya bukan satu-satunya pelatih timnas yang kalah dalam laga debut,” tegas mantan bek Ajax Amsterdam, Barcelona, Galatasaray dan Glasgow Rangers itu.

Pelatih berusia 50 tahun itu memberikan debut untuk Owen Wijndal dan Teun Koopmeiners. Dia sengaja menyimpan gelandang Frenkie de Jong dan bek Daley Blind untuk laga lebih penting melawan Bosnia-Herzegovina dan Italia di Liga A Grup 1.

“Kita tahu seorang pemain seperti Frenkie de Jong sangatlah penting dan dia tidak bermain. Namun jangan lupakan bahwa Teun Koopmeiners bermain sangat baik di lini tengah,” beber De Boer.

Tidak banyak yang bisa dilakukan suksesor Ronald Koeman itu. Belanda tampak lemah dalam serangan dan melakukan beberapa kesalahan pertahanan yang membuka peluang bagi pasukan Sombrero untuk mencetak gol.

Jimenez dan Jesus Coronsa banyak membuang peluang sebelum turun minum. Di kubu tuan rumah, satu-satunya tembakan datang ketika Memphis Depay mendapat umpan dari Ryan Babel, namun bola masih melebar.

Kiper Tim Krul yang memainkan laga internasional pertamanya dalam lima tahun terakhir, melakukan penyelamatan paten menit 55. Krul menahan tendangan jarak dekat Corona, namun dia tidak bisa menahan tendangan penalti Jimenez menit 60.

Menjelang akhir laga, Depay melewatkan kesempatan untuk menyamakan kedudukan setelah upayanya harus terhadang mistar gawang Meksiko.

De Boer pun kalah dalam jumpa pertamanya dengan Gerardo Martino (foto kanan), pelatih Meksiko yang posisinya dia gantikan tahun lalu di Atalanta United. Hasil buruk membuat De Boer berpisah dengan klub kontestan MLS itu, Juli lalu, lantas ditunjuk menggantikan Koeman yang hijrah ke Barcelona.

“Kami bermain baik. Kami mengontrol pertandingan dan ini hasil yang adil,” klaim Martino yang menghadirkan kemenangan ke-18 dari 19 pertandingan terakhir Meksiko.

“Jika Anda bekerja dengan maksimal, maka Anda yang menentukan hasil. Hari ini kami bermain sangat solid dan optimal,” pungkas mantan pelatih Barcelona, Argentina dan Paraguay tersebut.

Tim Kincir Angin selanjutnya bertolak ke Zenica untuk melawan tuan rumah Bosnia pada matchday 3 Liga A, Minggu (11/10) malam mulai pkl 2300 WIB. Sombrero tetap di Belanda untuk laga ujicoba melawan juara Aljazair di Den Haag, 13 Oktober mendatang. (m08/uefa)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2