Waspada
Waspada » Citizens Langsung Fokus Liga
Olahraga

Citizens Langsung Fokus Liga

STRIKER City Gabriel Jesus (kiri), membobol gawang Arsenal di Stadion Emirates, London. Daily Star

LONDON (Waspada): Manchester City melenggang mulus ke babak semifinal Piala Liga Inggris, Selasa (Rabu WIB), seusai menggasak tuan rumah Arsenal 4-1 pada laga perempatfinal di Stadion Emirates, London.

Hanya saja manajer Pep Guardiola tak mau pemain Citizens terlalu larut dengan keberhasilan dimaksud dan ingin timnya langsung beralih fokus pada agenda padat Liga Premier sebagai tradisi peralihan tahun.

Pria Spanyol itu juga tak sudi memikirkan prospek final yang telah diputuskan mundur dari Februari menjadi April 2021 dengan harapan fans bisa hadir di Stadion Wembley.

“Selangkah demi selangkah saja. Saya tidak tahu di mana kita akan berakhir di bulan April,” papar Pep, seperti dikutip dari laman The City, Rabu (23/12).

“Kini Newcastle dan Everton fokus kami, barulah kami akan melihat hasil undiannya. Penting untuk berada di sana (final) dan kami akan berjuang untuk tahun keempat beruntun,” tambah mantan pelatih Bayern Munich dan Barcelona itu.

Arsenal yang tengah berada dalam tren performa buruk di kancah domestik, gagal keluar dari kubangan setelah gawangnya kebobolan gol sundulan Gabriel Jesus hanya tiga menit setelah sepak mula di Emirates.

Di bawah tekanan yang terus mereka rasakan, The Gunners sempat menyamakan kedudukan menit 31. Striker Alexandre Lacazette berada di posisi yang tepat untuk menyelesaikan umpan silang kiriman Gabriel Martinelli.

Tapi menit 54 City mampu merestorasi keunggulannya. Winger Riyad Mahrez mengeksekusi tendangan bebas dengan sempurna untuk menjinakkan kiper Runar Runarsson.

Pasukan Pep menjauh menit 59, setelah Phil Foden melakukan penyelesaian sempurna psca menerima umpan matang kiriman Fernandinho.

Tugas tim tuan rumah untuk bangkit semakin berat menit 73. Bek Aymeric Laporte mencetak gol keempat The Eastlands dengan tandukan tajamnya.

“Mereka menghukum kami dan membuat semuanya sangat sulit. Kami memiliki momen serangan balik hebat, tetapi mereka kemudian mencetak gol dalam posisi offside dan kami akhirnya kalah lagi,” ratap Mikel Arteta, manajer Arsenal asal Spanyol.

Gunners sebelumnya sudah kalah dalam lima dari tujuh pertandingan terakhir Liga Premier dan kini terpuruk di urutan 15 dengan 14 poin. Ini menjadi awal terburuk mereka dalam satu musim sejak 1974/1975.

“Kami harus membalik keadaan ini, tidak ada pertanyaan lagi. Jika tidak, kami berada dalam masalah besar pada momen yang akan menentukan musim kami,” tekad Arteta.

Tapi tekad bangkit Granit Xhaka cs mesti dihadapkan dengan laga sulit melawan tim kuat Chelsea pada matchday 15 bertajuk Boxing Day, 26 Desember mendatang. Setelah itu Arsenal akan menghadapi Brighton & Hove Albion serta West Bromwich Albion di liga, lantas menjajal Newcastle United di Piala FA pada 9 Januari. (m08/rtr/sky)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2