Catatan Sembilan Laga PSBL Hingga Juara

  • Bagikan
TIM PSBL Langsa merayakan kemenangan menjuarai kompetisi Liga 3 Aceh setelah di final mengalahkan Galacticos FC. Waspada/ist

BANDA ACEH (Waspada): Kompetisi Liga 3 Aceh 2021 sudah tuntas. Aceh menjadi wilayah terakhir di Sumatera yang menggelar kompetisi kasta tersebut. Gelar juara disabet klub Elang Biru itu usai menang penalti lawan Galacticos FC.

Dua tim lain yang lolos ke putaran nasional Liga 3 2021 adalah Galacticos FC dan PSLS Lhokseumawe. Tahun ini, Aceh mendapat kuota tiga wakil ke nasional.

Untuk sampai ke final dan juara Liga 3 Aceh, PSBL Langsa sudah melewati sembilan pertandingan sejak babak penyisihan grup yang dimulai sejak 4 Desember 2021.

Dari sembilan laga yang dilakoni, PSBL menang tujuh kali, sekali imbang dan satu kali kalah. Rinciannya adalah sebagai berikut: menang 5-1 atas Mayak Payed FC, 2-1 lawan Peureulak Raya dan menang tipis 1-0 saat menang derby Putra Langsa FC.

Hasil babak penyisihan ini meloloskan PSBL ke babak 16 Besar sebagai juara grup dengan hasil sempurna. Tiga kali menang dengan mencetak delapan gol dan dua kali kebobolan.

Di partai 16 Besar, pertandingan berlangsung dengan sistem gugur alias knock off. PSBL Langsa bertemu Tamiang United. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh ini, PSBL menang besar dengan skor 6-0.

Hasil ini membuat tim racikan Muhammad Azhar lolos ke delapan besar dengan menyakinkan. Pada babak delapan besar, PSBL tergabung dalam Grup J bersama PSAA Abulyatama, PSAS Singkil dan Galacticos FC.

Hasil babak delapan besar, PSBL Langsa mengawali matchday kurang meyakinkan saat ditahan kacamata oleh PSAA Abulyatama dan kalah 1-0 dari Galacticos FC. Berada di ujung tanduk, PSBL berhasil bangkit dengan membekap PSAS Singkil 3-0.

Hasil tiga pertandingan ini menempatkan PSBL menjadi runner-up grup hingga berhak lolos ke semifinal. Di semifinal, PSBL Langsa bertemu PSLS Lhokseumawe dan sukses menekuk anak-anak Pase dengan skor 2-0.

Kemenangan itu menjadikan Jamaluddin dkk menyegel tiket ke putaran nasional sekaligus menatap final. Di partai final, PSBL menghadapi Galacticos FC yang sempat mengalahkan mereka di fase delapan besar.

Partai final tak berlangsung mudah. Melewati 120 menit pertandingan dan adu penalti. Hasilnya PSBL menang penalti 5-4 setelah bermain imbang dalam kurun waktu 120 menit. Hasil ini membuat PSBL Langsa mengoleksi trofi keempatnya di level Provinsi Aceh. (b04/C)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *