BWF Sebut Tunggal Putra Kelemahan Indonesia
Jelang Piala Thomas 2022

  • Bagikan
PBSI

BANGKOK (Waspada): Tim Indonesia saat ini tengah bersiap menghadapi Piala Thomas dan Uber 2022 di Bangkok, Thailand, 8-15 Mei 2022. Tim putra Indonesia akan menjadi sorotan lantaran berusaha mempertahankan gelar juara yang diraih pada edisi 2020.

Tergabung di Grup A Piala Thomas 2022, nantinya Tim Putra Indonesia akan bertarung melawan Korea Selatan, Thailand, dan Singapura. Bila melihat lawan-lawan di fase grup tersebut, Indonesia pun dijagokan untuk lolos dengan mudah.

Apalagi kekuatan yang dibawa Tim Putra Indonesia tak jauh berbeda dengan saat mereka memenangkan Piala Thomas 2020 pada 2021. Kendati demikian, BWF justru menyoroti sektor tunggal putra Indonesia yang mungkin bisa menjadi titik kelemahan utama Jonatan Christie (foto) dan kawan-kawan untuk merebut gelar Piala Thomas 2022.

Dalam sebuah artikel preview yang dibagikan BWF di laman resmi mereka, Federasi Bulutangkis Dunia itu menyebut Indonesia sebagai kandidat kuat untuk merengkuh juara Piala Thomas 2022. Namun, masalah utamanya adalah apakah sektor tunggal putra mampu merebut poin saat pertandingan berlangsung?

Menurut BWF, Indonesia yang saat ini membawa lima pemain tunggal putra hanya Jonatan saja yang dapat tampil konsisten dalam beberapa kompetisi terakhir. Anthony Sinisuka Ginting dan Shesar Hiren Rhustavito yang sejatinya diandalkan justru tampil agak melempem pada beberapa ajang terakhir.

Lalu Syabda Perkasa Belawa dan Tegar Sulistio tak mungkin bisa diberikan beban yang besar lantaran mereka adalah pemain muda. Dengan melihat kondisi skuad tunggal putra itulah BWF sampai menyebut sektor tersebut bisa menjadi batu sandungan bagi Indonesia untuk merebut gelar Piala Thomas 2022.

“Indonesia diprediksis mampu menjuarai Grup A, namun performa para pemain tunggal putra mereka akan menjadi perhatian di babak sistem gugur nanti. Sebab hanya Jonatan Christie yang dapat memperlihatkan konsistensi pada tahun ini,” bunyi keterangan BWF, Kamis (5/5).

“Peringkat delapan dunia itu mampu menembus tuiga final beruntun, di Swiss Open, Korea Open, dan Badminton Asia Championship 2022. Namun, rekannya, yakni Anthony Sinisuka Ginting tak memiliki banyak hal yang dapat dibanggakan. Begitu juga dengan tunggal putra ketiga mereka, Shesar Hiren Rhustavito yang pada Piala Thomas 2020 menjadi kunci keberhasilan mereka,” tambah keterangan BWF.

Lantas apakah review dari pihak BWF akan benar-benar terjadi? Tentunya para pencinta bulutangkis Indonesia berharap sektor tunggal putra Indonesia bisa tampil sebaik para pemain ganda putra yang tentunya sangat dijagokan untuk merebut poin di Piala Thomas 2022.

Timnas Bulutangkis Indonesia yang akan berjuang pada Piala Thomas dan Uber di Bangkok, Thailand, akhirnya memiliki kapten tim yang masing-masing dipimpin oleh Hendra Setiawan dan Nita Violina Marwah, Kamis.

Kepastian Hendra dan Nita jadi pemimpin tim Thomas dan Uber Indonesia diputuskan ketika tim putra dan putri memulai latihan teknik perdana pada Kamis di salah satu gedung instansi pemerintahan di Bangkok.

“Saya tentu harus siap menerima tugas ini. Semoga saja saya mampu dan membawa tim Uber bisa kompak dan berprestasi semaksimal mungkin,” kata Nita.

Uniknya, pemilihan Hendra dan Nita sebagai kapten tim Thomas-Uber bertepatan dengan hari ulang tahun PBSI ke-71 yang diperingati pada 5 Mei. Nita ditunjuk sebagai kapten tim setelah rekan-rekannya di tim Uber memilihnya. Pelatih ganda putri Prasetyo Restu Basuki pun, langsung memberikan mandat kepada Nita untuk menjadi kapten tim.

Rekan seperjuangan memilih Nita karena dinilai memiliki jiwa kepemimpinan di lapangan. Atlet kelahiran Majalengka, Jawa Barat ini juga punya pengalaman sukses memenangi ajang beregu bersama tim Indonesia merebut juara BATC di Selangor, Malaysia bulan Februari.

Sedangkan Hendra secara aklamasi kembali ditunjuk sebagai kapten tim Thomas. Para anggota tim, satu persatu menunjuk Hendra sebagai pemimpin tim Thomas Indonesia.

“Hendra jadi kapten setelah dipilih para pemain. Dia memang pantas, selain paling senior, prestasinya juga paling komplit,” ujar pelatih ganda putra Herry IP. (m18/ant/cnni)

Skuad Piala Thomas & Uber 2022

Tim Piala Thomas

Anthony Sinisuka Ginting

Jonatan Christie

Shesar Hiren Rhustavito

Syabda Perkasa Belawa

Tegar Sulistio

Kevin Sanjaya Sukamuljo

Mohammad Ahsan

Hendra Setiawan (C)

Fajar Alfian

Muhammad Rian Ardianto

Bagas Maulana

Muhammad Shohibul Fikri

Tim Piala Uber

Komang Ayu Cahya Dewi

Aisyah Sativa Fatetani

Bilqis Prasista

Tasya Farahnailah

Siti Sarah Azzahra

Nita Violina Marwah (C)

Febriana Dwipuji Kusuma

Amalia Cahaya Pratiwi

Jesita Putri Miantoro

Lanny Tria Mayasari

Tryola Nadia

Melani Mamahit

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *