Bupati Sambut Baik Abdya Tuan Rumah Pra Pora - Waspada

Bupati Sambut Baik Abdya Tuan Rumah Pra Pora

  • Bagikan
BUPATI Abdya, Akmal Ibrahim SH, saat membuka Kejuaran Catur Pra Pora III 2021 di Aula Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Abdya, Kompleks Perkantoran Bukit Hijau. Waspada/Syafrizal

BLANGPIDIE (Waspada): Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim SH, menyambut baik Abdya menjadi tuan rumah pelaksana pertandingan catur Prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra Pora) III tahun 2021.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Abdya, Kompleks Perkantoran Bukit Hijau, Blangpidie, sejak Jumat (15/10).

Bupati menilai ajang Pra Pora sangat bagus untuk membina dan menyaring para atlet terbaik agar siap berkompetisi pada Pora XIV di Kabupaten Pidie tahun 2022.

Dalam kesempatan itu, Bupati Akmal juga mengaku sangat senang dengan olahraga. Bahkan, di sela kesibukannya sebagai kepala daerah, pembisnis, petani hingga berkebun, masih menyempatkan diri untuk berolahraga.

Selain itu, dalam mendukung kemajuan olahraga di Abdya, Pemkab Abdya selalu menganggarkan dana untuk sektor olahraga hingga Rp 1 miliar lebih setiap tahunnya.

Angka itu, katanya, lumayan besar jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di Aceh. “Anggaran sebesar itu tidak dipotong sedikitpun, termasuk anggaran untuk KONI Abdya. Ini membuktikan Pemkab Abdya sangat peduli dengan olahraga,” sebutnya.

Bupati Akmal juga berharap melalui Pra Pora yang dilaksanakan, dapat melahirkan atlet-atlet terbaik dan memiliki daya saing serta mampu memberikan yang terbaik untuk Abdya.

Di lain pihak, Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Aceh, Ihsanuddin MZ SE MM, dalam kesempatan yang sama mengatakan Pra Pora dilaksanakan untuk menyeleksi atlet cabang olahraga catur yang akan bertanding pada kegiatan Pora XIV di Kabupaten Pidie pada 2022.

Nomor yang dipertandingkan di Pra Pora adalah, nomor catur standar atau klasik perorangan dan beregu. Dimana terdapat sebanyak 236 peserta dari 22 kabupaten/kota dalam wilayah Provinsi Aceh yang ikut dalam ajang tersebut.

Peserta yang dinyatakan lolos ke Pora XIV adalah peringkat 1-7 terbaik dari 22 kabupaten/kota. “Mereka yang lolos dengan peringkat itu akan mengikuti Pora di Kabupaten Pidie. Kabupaten Pidie sebagai tuan rumah Pora XIV otomatis langsung lolos,” ungkapnya.

Pembukaan Kejuaran Catur Pra Pora itu turut dihadiri unsur Forkompimkab Abdya, Ketua Percasi Abdya dan pengurus hingga para peserta dari 22 kabupaten/kota di Aceh. (b21/B)

  • Bagikan