Waspada
Waspada » Blues Payah Beralih Fokus
Olahraga

Blues Payah Beralih Fokus

Football London

LONDON (Waspada): Kiper Edouard Mendy (foto kanan) mengatakan, Chelsea payah harus terus beralih fokus akibat agenda padat jelang berakhirnya musim kompetisi 2020/2021 ini.

The Blues masih bertarung di tiga kompetisi. Pasukan Thomas Tuchel (foto kiri) finalis Piala FA, semifinalis Liga Champions dan sedang berpacu di zona empat besar klasemen Liga Premier.

“Tidak mudah beralih fokus di antara dua laga Liga Champions dengan sebuah laga Liga Premier di tengahnya. Tetapi kami mesti siap,” ucap Mendy, seperti dikutip dari Football London, Selasa (4/5).

“Manajer tahu sulitnya untuk fokus di laga melawan Fulham, tapi kami memulainya dengan baik. Kami kuat bersama-sama dan tajam saat serangan balik,” beber kiper Prancis berumur 29 tahun tersebut.

Si Biru yang akhir pekan lalu mengatasi Fulham 2-0 pada matchday 34 Liga Premier, kini mesti segera beralih fokus lagi. The London Blues gantian menjamu Real Madrid pada laga leg2 semifinal Liga Champions di Stadion Stamford Bridge, Kamis (6/5) dinihari mulai pkl 0200 WIB.

“Sekarang kami harus pulih dan fokus kembali ke laga melawan Real Madrid. Ini baru semifinal dan kami belum memenangkan apa pun. Kami harus siap untuk bertarung lagi,” tutur Mendy.

Untuk itu dia meminta Tuchel tetap memberdayakan semua pemain yang ada. Termasuk striker Timo Werner dan gelandang serba bisa Kai Havertz yang belum mampu tampil maksimal seperti saat masing-masing membela RB Leipzig dan Bayer Leverkusen.

“Mereka sebenarnya pemain yang sangat bagus. Mereka masih muda dan ini kali pertama bagi mereka pindah ke negara lain,” klaim mantan penjaga gawang Rennes dan Stade de Reims tersebut.

“Saya rasa mereka butuh beberapa bulan untuk beradaptasi dan memahami Liga Premier. Saya melihat mereka setiap hari, saya tahu sebagus apa mereka dan saya bahagia untuk mereka,” tambah Mendy.

Havertz yang belakangan diplot sebagai false nine oleh Tuchel, memborong kedua gol kemenangan Blues ke gawang Fulham 2-0. Sedangkan Werner menjadi salah satu pemberi assist bagi Havertz.

Keduanya potensial bakal menjadi andalan Tuchel di garis serang Chelsea melawan Madrid, mengingat Mason Mount terancam absen akibat masalah pada punggungnya. Mount terjatuh menghantam tanah dengan keras saat berebut bola dengan pemain Fulham.

“Saya rasa cederanya tidak terlalu parah. Semoga dia bisa tampil menghadapi Real Madrid. Saya melihat dia sedikit menahan sakit di punggungnya,” kata Tuchel.

Mantan pelatih Paris SG dan Borussia Dortmund itu juga meragukan kondisi bek Antonio Rudiger dan gelandang Mateo Kovacic yang mengalami cedera hamstring.

“Untuk Toni, saya pikir dia akan bermain dengan pelindung. Dia berlatih pada Sabtu dengan pelindung,” papar pelatih asal Jerman itu.

“Sementara Kovacic masih sangat diragukan. Dia sedikit merasakan sesuatu yang tidak baik di area ototnya. Mungkin dia tidak bermain,” tegas Tuchel.

Di kubu El Real yang banyak ditekan Biru saat bermain 1-1 pada leg1 pekan lalu di Madrid, bek sentral Raphael Varane yang rawan absen. Varane mengalami masalah saat Madrid menekuk Osasuna pada jornada 34 La Liga, Sabtu lalu.

Bek Prancis itu ditarik keluar saat pergantian babak untuk digantikan dengan Nacho Fernandez. Hasil tes memastikan Varane mengalami cedera otot yang cukup serius.

Entrenador Zinedine Zidane juga dipastikan kehilangan pemain sayap Lucas Vazquez dan bek kiri Dani Carvajal. Untungnya bek sentral Sergio Ramos dan bek sayap Ferland Mendy sudah pulih dasri cedera dan kembali latihan bersama tim.

Zidane bahkan berani memastikan kapten Ramos siap tampil di markas Biru. “Dia sudah latihan bersama kami dan itu berarti dia juga bisa bermain,” tegas pelatih asal Prancis tersebut.

Selama 16 tahun membela Los Blancos, banyak kontribusi yang sudah diberikan bek Spanyol berusia 35 tahun itu. Ramos malah cukup subur dengan sumbangan 101 gol dan 40 assist dari 670 pertandingannya bersama Madrid di semua kompetisi.

Chelsea diterpa kabar kurang sedap. Mason Mount, pemain muda andalannya, bermasalah dengan punggung dan bisa saja absen kontra Real Madrid pada leg kedua babak semifinal Liga Champions. (m08/fl/goal)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2