Waspada
Waspada » Berita Gembira Gundogan
Olahraga

Berita Gembira Gundogan

MEN

LONDON (Waspada): Berita gembira datang dari pemain tersubur Ilkay Gundogan (foto), saat pemimpin klasemen Manchester City bersiap melakoni matchday 25 Liga Premier.

Jelang bigmatch di markas Arsenal itu, Minggu (21//2) malam mulai pkl 2330 WIB, Gundogan diberitakan siap tampil kembali pasca pulih dari cedera paha. Menariknya lagi, gelandang Jerman berusia itu sudah menyatakan siap meneken kontrak baru bersama The City.

“Saya merasa klub ini lebih dari sekadar sepakbola dan rasanya menyenangkan menjadi bagian dari keluarga ini. Saya harus jujur ​​mengatakan bahwa saya membayangkan itu bisa terjadi,” ucapnya, seperti dikutip dari Sky Sport, Jumat (19/2).

“Kami tahu apa yang telah kami raih dalam beberapa pekan terakhir dan tanggung jawab apa yang diperlukan. Kami harus memikulnya, karena kami ingin menjadi juara,” klaim Gundogan.

Dengan absensi panjang striker Sergio Aguero dan belum stabilnya Gabriel Jesus, gelandang berusia 30 tahun ini mengorbit sebagai top skor Citizens dengan kemasan 11 gol di Liga Premier.

Dia total telah mencetak 13 gol dalam 25 penampilan selama musim 2020-2021 di semua kompetisi. Sejak pertengahan Desember lalu, Gundogan sudah membuat 11 gol, paling banyak di antara pemain lainnya.

Bahkan pada tahun 2021 ini, dia sudah membikin sembilan gol, lebih tajam ketimbang striker Harry Kane (Tottenham Hotspur) atau Mohamed Salah (Liverpool).

Gundogan mengalami cedera paha ketika dua golnya membawah City mengalahkan Tottenham 3-0 akhir pekan lalu. Dia pun terpaksa absen ketika Citizens menekuk Everton 3-1 dalam dua laga tunda EPL, Rabu lalu.

“Bila kami terus bermain seperti ini, saya kira kami favorit merebut gelar. Tetapi itu membutuhkan kerja keras setiap pemain, baik secara individu dan sebagai tim,” jelas mantan pemain Borussia Dortmund dan Nuremberg tersebut.

Untungnya cedera itu tidak parah dan dia sudah bisa bermain saat Citizens menjajal The Gunners di Emirates Stadium, London. Laga ini sekaligus menjadi persiapan bagus bagi pasukan Pep Guardiola jelang melakoni leg1 babak 16 besar Liga Champions kontra Borussia Moenchengladbach.

“Ilkay lebih baik sekarang, jauh lebih baik. Bukan masalah besar, tapi kami tidak mau ambil risiko dan bisa memberikannya beberapa hari tambahan untuk pemulihan,” ucap Pep.

“Tetapi seharusnya dia sudah siap main saat melawan Arsenal dan Borussia Moenchengladbach,” tambah mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munich tersebut.

City diuntungkan faktor recovery sehari menatap laga ini. Kevin De Bruyne dan kawan-kawan mengatasi Everton pada Rabu, sedangkan Arsenal baru bertanding di Liga Europa pada Kamis melawan tuan rumah SL Benfica.

Dalam laga tandang di venue netral Stadion Olimpico Roma itu, Kamis (Jumat  WIB), Arsenal sempat tertinggal lebih dulu lewat gol penalti Pizzi menit 55. Bukayo Saka lantas mengemas gol penyama kedudukan menit 57.

Manajer Mikel Arteta menegaskan, Gunners mesti mengambil pelajaran penting dari laga tersebut. “Kami berusaha mempertahankan level, tapi kedua tim menurun dalam 20 menit terakhir. Kami harusnya meninggalkan pertandingan dengan lebih baik,” kritiknya.

Pada laga yang harus dipindahkan ke Italia akibat protokoler Covid-19 itu, Saka memiliki satu peluang bagus lagi saat kapten Pierre-Emerick Aubameyang gagal memaksimalkan sejumlah peluang yang dimilikinya. Saka pun diyakini kembali menjadi starter saat menjamu Citizens.

“Saya kira kami harus menjaga dia dan ekspektasinya tidak berlebihan. Tapi saya tidak akan menghentikan perkembangannya atau apa yang bisa dia lakukan dari pekan ke pekan,” tegas Arteta.

“Saya kira kami harus mendukung dia, memberi dia saran terbaik sepanjang waktu, lantas mengelola menit bermainnya supaya dia bisa menjaga level. Saat ini memang demikian, sebab dia benar-benar ancaman untuk lawan,” ujarnya lagi. (m08/sky/fl)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2