Waspada
Waspada » Bekal Barca Menahan Messi
Olahraga

Bekal Barca Menahan Messi

KAPTEN Lionel Messi, gelandang Sergio Busquets serta para pemain dan ofisial Barcelona lainnya merayakan sukses menjuarai Copa Del Rey 2020/2021 di Estadio Olimpico de Sevilla, Spanyol. Marca

SEVILLE, Spanyol (Waspada): Kapten Lionel Messi mengantarkan Barcelona merebut trofi pertama musim 2020/2021, setelah menyumbangkan dua gol untuk menggunduli Athletic Bilbao 4-0 pada laga final Copa Del Rey.

Hasil duel di venue netral Estadio Olimpico de Sevilla, Sevilla, Spanyol, Sabtu (Minggu WIB) itu, menjadi kekalahan kedua Athletic pada final Piala Raja hanya dalam tempo 14 hari. Bilbao juga kalah melawan Real Sociedad pada final edisi 2020 yang ditunda setahun akibat pandemi virus corona.

Barcelona yang sempat menjalani awal musim sulit bersama entrenador Ronald Koeman, berhasil bangkit setelah musim lalu tanpa trofi. Sekarang Sergio Busquets cs dalam pertarungan untuk memenangkan gelar La Liga, bersaing dengan Atletico Madrid dan Real Madrid.

Sukses menjuarai Copa untuk kali ke-32 serta figur presiden baru Joan Laporta yang kembali berkuasa untuk periode kedua, tentu menjadi bekal kuat El Barca menahan Messi agar bertahan di Camp Nou.

Messi yang kontraknya habis musim panas nanti, sepertinya juga memberikan sinyal positif dengan mengatakan terasa sangatlah istimewa mengangkat Piala Raja pertamanya sebagai kapten El Catalan. Dia mewarisi ban kapten sepeninggal Andres Iniesta yang gabung Visel Kobe di Jepang tahun 2018 silam.

“Sangat istimewa menjadi kapten klub ini. Ini Copa yang sangat istimewa bagi saya karena saya langsung mengangkatnya (sendiri),” jelas Messi melalui Marca, Minggu (18/4).

“Copa selalu spesial dan fans sangat menikmatinya. Ini dua klub yang terbiasa dengan final dan (selalu) sangat menikmatinya,” beber superstar berjulukan La Pulga alias Si Kutu itu.

El Blaugrana sempat kesulitan membongkar benteng rapat Bilbao pada babak pertama. Kebuntuan Los Cules baru terpecahkan setelah jeda.

Striker Antoine Griezmann membobol gawang lawan tepat ketika pertandingan memasuki waktu satu jam dengan menyelesaikan umpan rendah yang dikirimkan gelandang Frenkie De Jong.

Tiga menit kemudian, giliran De Jong  menciptakan gol setelah meneruskan assist dari bek sayap Jordi Alba.

Messi lantas menciptakan dua gol istimewa yang menyempurnakan kemenangan besar Los Cules.

Menit 68 megabintang asal Argentina itu dengan cemerlang berlari menyambut umpan De Jong dari daerah pertahanannya sendiri. Setelah itu Si Kutu melepaskan tendangan melewati hadangan kiper Unai Simon.

Empat menit berselang, Messi kembali menciptakan gol. Superstar berumur 33 tahun itu menyapu bola dari Alba untuk mengakhiri pesta gol Barca di Seville.

Messi pun sudah 37 kali mengangkat trofi juara di berbagai kompetisi, sama dengan koleksi Andres Iniesta dan Maxwell. Mereka masih terpaut lima trofi dari Dani Alves, mantan bek Brazil, Barca dan Paris SG sebagai pemain yang paling sering menjadi juara.

“Kami sabar saat menguasai bola dan menciptakan ruang kami sendiri. Kami banyak bergerak di babak pertama dan saya pikir mereka sedikit menurun di babak kedua,” kata La Pulga.

“Kami merasa sulit untuk memulai pada paruh pertama musim ini. Kami kehilangan banyak poin, namun kini kami semakin kuat, sangat bagus dan sedang dalam perburuan gelar,” klaim Si Kutu.

Menurut Ronald Koeman, tim asuhannya pantas kampiun. Namun entrenador asal Belanda itu menegaskan, Barca tidak akan puas hanya dengan satu trofi Copa del Rey dan ingin menyandingkannya dengan mahkota La Liga.

“Kami bahagia sekali dan kami pantas memenangi paling sedikit satu trofi musim ini. Kami akan berjuang keras demi La Liga sampai pertandingan terakhir,” tekad Koeman.

“Klub ini pantas mendapatkannya. Ini hari menggembirakan untuk warga Catalan,” tambah mantan pelatih Timnas Belanda, Everton dan Southampton tersebut.

Setelah kalah 1-2 dari Madrid pada laga El Clasico pekan lalu di jornada 30 La Liga, duel kontrak Atletico pada 8 Mei di Nou Camp bakal sangat menentukan kans kampiun pasukan Koeman. (m08/mrc/fe)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2