Waspada
Waspada » Banyak Pemain Positif Covid-19
Olahraga

Banyak Pemain Positif Covid-19

Zimbio
Zimbio

ROMA (Waspada): Serie A Liga Italia musim 2019/2020 terancam selesai, setelah banyak pemainnya dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 berdasarkan rangkaian hasil tes yang dilakukan klub kontestannya.

Empat pemain Sampdoria, termasuk satu yang sebelumnya sudah pulih, dinyatakan positif terkena virus corona yang bermula dari Kota Wuhan di China.

Begitu pula dengan tiga pemain Fiorentina dan satu pemain Torino.

“Selama tes yang dilakukan, tiga kasus baru Covid-19 muncul. Satu pemain bahkan dinyatakan positif lagi,” kata Samp dalam pernyataannya sebagaimana dikutip dari AFP, Jumat (8/5).

Tidak disebutkan siapa pemain Sampdoria yang kembali positif tersebut.

Omar Colley, Albin Ekdal, Morten Thorsby, Antonio La Gumina dan Manolo Gabbiadini (foto), sebelumnya sudah menderita Covid-19 bersama dokter klub Il Samp.

Klub-klub top Italia sedang menjalankan tes Covid-19 bagi anggota tim dan stafnya sebagai bagian dari persiapan untuk kembali ke fasilitas latihan pekan ini.

Selain tiga pemain, tiga staf Fiorentina juga positif terpapar.

Patrick Cutrone, German Pezzella dan Dusan Vlahovic dinyatakan positif virus corona pada Maret lalu, namun sejak itu La Viola menyatakan semua aman.

“Keenam orang tersebut sesuai pedoman akan menjalani isolasi. Sedangkan sisa skuat lainnya akan memulai sesi latihan di fasilitas klub,” demikian pernyataan resmi Fiorentina.

Berbagai temuan itu menjadi pukulan bagi kelanjutan Serie A.

Federasi Sepakbola Italia (FIGC) telah bertemu dengan komite ilmiah teknis pemerintah untuk membicarakan protokol medis bagi kemungkinan kembalinya pemain pada pelatihan berkelompok.

Sedangkan Menteri Olahraga Vincenzo Spadafora sempat berharap latihan tim mungkin dilanjutkan 18 Mei.

“Pertemuannya sangat penting, sangat mendalam dan banyak permintaan dari dokter maupun ilmuwan kepada FIGC,” kata Spadafora.

“Sekarang Komite, berdasarkan wawasan ini, menyusun penilaian sendiri yang akan dikirim ke Kementerian Kesehatan,” ujarnya lagi melalui Facebook.

Menurut koran Gazzetta dello Sport, setidaknya ada dua problem utama terkait kelanjutan sesi latihan penuh maupun kompetisi.

Pertama, tes medis rutin klub-klub pastinya akan memakai sumber daya yang seharusnya bisa digunakan untuk masyarakat banyak.

Kedua, belum ditemukannya solusi penanganan bagi para pemain jika ditemukan hasil tes positif terjangkit Covid-19. (m08/afp)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2