Atlet SEA Games Harus Raih Medali

  • Bagikan
MENPORA Zainudin Amali (kiri) menyapa para karateka dalam kunjungannya di Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Karate untuk SEA Games Vietnam di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Jakarta, Senin (25/4). Antara

JAKARTA (Waspada): Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta atlet yang terpilih ke SEA Games Vietnam serius mempersiapkan diri sehingga dapat mempersembahkan medali bagi Kontingen Indonesia.

Orang nomor satu di Kemenpora itu mengingatkan bahwa atlet yang diberangkatkan mewakili Indonesia merupakan atlet-atlet pilihan yang telah melewati seleksi sehingga harus memanfaatkan kesempatan itu dengan baik dengan mempersembahkan medali.

“Kalian yang terpilih harus memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dan menunjukkan prestasi terbaik. Banyak yang ingin berangkat, tetapi tidak lolos atas dasar penilaian tim review,” kata Menpora Zainudin Amali, Selasa (26/4).

Dia menambahkan bahwa setelah pelaksanaan SEA Games di Vietnam, seleksi pengiriman atlet ke multicabang olahraga internasional akan lebih ketat lagi dengan menggunakan parameter yang terukur dan berdasarkan data. Artinya, hanya cabang olahraga dan atlet yang dapat meraih medali saja akan diberangkatkan.

Langkah itu, kata dia, dilakukan sebagai upaya pemerintah mengubah paradigma terkait pembinaan olahraga prestasi Indonesia yang menempatkan Olimpiade sebagai target utama. Sementara SEA Games dan Asian Games hanya sasaran antara.

“Jika sekarang berdasarkan data, ke depan (seleksi pengiriman atlet) akan lebih ketat lagi. Sekarang paradigma harus berubah, SEA Games adalah sasaran antara saja guna menuju jenjang di atasnya hingga Olimpiade,” katanya menegaskan.

Indonesia akan berpartisipasi dalam 32 dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games 2021 Vietnam.

Sebanyak 13 cabang olahraga yang masuk Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), seperti angkat besi, atletik, bulutangkis, renang dan panahan diharapkan dapat menyumbang medali emas, perak dan perunggu. Cabang yang di luar DBON, seperti basket, tinju, voli, sepakbola dan esport harus bisa meraih emas dan perak.

Karate Target 3 Emas

Sementara itu, tim nasional karate Indonesia siap mempersembahkan tiga medali emas dalam SEA Games Vietnam yang akan digelar di Ninh Binh, Vietnam, 12-23 Mei mendatang.

Pelatih tim nasional karate Indonesia kategori kumite, Yuni Adi Putra Warang, mengatakan target tiga emas itu sudah sesuai perhitungan berdasarkan peta kekuatan lawan dari negara-negara Asia Tenggara.

“Secara keseluruhan target kami tiga emas di SEA Games Vietnam. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa bertambah,” kata Yuni Adi, Selasa.

Tim karate Indonesia akan menerjunkan 19 orang, terdiri atas sembilan putri dan 10 putra yang akan turun pada nomor kata individu, kata tim, dan kumite. “SEA Games ini kami full team dan yang turun kombinasi atlet senior dan junior. Kami optimistis bisa memenuhi target tiga medali emas,” ujarnya.

Menurut Yuni Adi, peluang tersebut bisa terpenuhi apabila melihat hasil tim karate Indonesia saat turun di Kejuaraan Karate Asia Tenggara (SEAKF) 2022 di Kamboja ketika Merah Putih membawa pulang lima emas, tiga perak dan enam perunggu.

“Jadi, artinya tim ini sudah siap semuanya, hanya ada beberapa evaluasi yang harus dibenahi. Kami terus mempersiapkan, sejauh ini tim tuan rumah dan Malaysia harus kita waspadai,” jelasnya. (m18/ant)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.