Waspada
Waspada » Atlet Pelatda Sumut Vaksinasi, Tes Fisik III
Olahraga

Atlet Pelatda Sumut Vaksinasi, Tes Fisik III

ATLET Pelatda Sumatera Utara untuk PON XX Papua menjalani vaksinasi di Gedung KONI Sumut, Jalan Pancing (Williem Iskandar) Medan Estate, Sabtu (10/4). Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Sebanyak 172 dari 187 atlet Pelatda Sumatera Utara yang dipersiapkan untuk PON XX di Papua, telah menjalani vaksinasi dan tes fisik tahap III sebagai dua fase penting untuk persiapan Kontingen Sumut.

Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis melalui Sekum Chairul Azmi Hutasuhut MPd ketika dikonfirmasi di Gedung KONI Sumut, Minggu (11/4) mengatakan, pelaksaaan tes fisik dan suntik vaksin itu merupakan dua fase penting yang harus dilakukan.

Didampingi Wakil Sekretaris Drs Mesnan MKes, Chairul menjelaskan bahwa tes fisik yang baru dilakukan merupakan rangkaian tes lanjutan untuk ketiga kalinya bagi para atlet yang mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Sumut untuk PON XX Papua.

“Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan fisik atlet selama menjalani Pelatda yang sebagian harus dilakukan dengan latihan mandiri akibat dampak pandemi Covid-19,” jelasnya.

Menurut Chairul, tes fisik berlangsung di Stadion Unimed, Jalan Pancing (Williem Iskandar) Medan Estate, Sabtu (10/4) pagi. Pelaksanaannya berlangsung lancar dengan dikoordinir oleh Kabid Binpres KONI Sumut Dr Budi Valianto MPd yang juga Dekan FIK Unimed.

“Setelah menjalani tes fisik, seluruh atlet beserta pelatih masing-masing cabor sekira 154 orang, menjalani vaksinasi Covid-19 bekerjasama dengan Gugus Tugas Covid Provinsi Sumut,” papar mantan Purek II Unimed tersebut.

Ditambahkannya, cabor sepakbola dan voli sudah punya program vaksinasi sendiri, sehingga tidak ikut lagi dalam vaksinasi di KONI Sumut.

“Suntik Vaksin Covid-19 merupakan syarat wajib yang harus dipatahui peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua, 2 sampai 15 Oktober mendatang. Semua atlet, pelatih dan ofisial harus vaksinasi agar bisa masuk Papua,” ucap Chairul.

“Kemarin saat Chief de Mission (CdM) Meeting PON di Jayapura, soal vaksin ini juga merupakan salah satu bagian dari keputusan penting yang telah diambil,” ujarnya lagi.

Diakuinya, pelaksanaan tes fisik tahap ketiga belum diikuti seluruh atlet karena ada sebagian di antara mereka yang sedang menjalani Pelatnas di Jakarta.

“Juga ada yang lagi mengikuti iven. Namun seluruh atlet Pelatda PON Sumut wajib menjalani tes. Jadi bagi atlet yang belum ikut tes tahap ketiga, tetap akan melakukan tes susulan,” tutur Chairul.

“Materi tes disesuaikan dengan spefikasi cabor masng-masing atlet, seperti bleep test, lari, vertical jump dan lainnya. Dengan itu kita ingin mengetahui sejauh mana kebugaran fisik dan jasmani si atlet,” tambahnya.

Chairul berharap hasil tes fisik ini menunjukkan peningkatkan kondisi fisik atlet yang sangat penting, apalagi pelaksanaan PON 2021 hanya berkisar enam bulan lagi.

“Kondisi fisik sangat menunjang penampilan atlet di masa pertandingan. Karenanya meski dalam setahun terakhir dampak Covid-19 diberlakukan latihan mandiri, namun para atlet harus tetap serius  menjalani latihan,” papar Chairul.

Sedangkan Mesnan bersyukur pelaksanaan vaksinasi juga berjalan lancar. “Mayoritas ini adalah suntikan pertama. Sesuai ketentuan, duapuluh delapan hari kedepan, dilakukan suntikan kedua,” jelasnya.

Atas nama KONI Sumut, Chairul dan Mesnan sama mengucapkan terimakasih kepada FIK Unimed dan Gugus Tugas Covid (Depkes Provsu) atas kerjasamanya hingga pelaksanaan tes fisik dan vaksinasi atlet Pelatda PON Sumut berjalan lancar. (m08)

 

 

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2