Arsenal Beli Mahal Ben White - Waspada

Arsenal Beli Mahal Ben White

  • Bagikan
talkSPORT

LONDON (Waspada): Arsenal membeli mahal bek sentral Ben White (foto) dari Brighton and Hove Albion dalam sebuah kesepakatan senilai 50 juta pounds atau sekitar Rp998 miliar.

Menurut Sky Sports, bek Inggris berusia 23 tahun itu segera menjalani tes medis di London, Rabu (28/7) ini. Arsenal semula menawarkan 40 juta pounds atau sekitar Rp799 miliar, tetapi ditolak Brighton.

The Gunners kemudian meningkatkan tawarannya menjadi Rp939 miliar, namun tetap ditolak Brighton yang ngotot dengan angka Rp998 miliar.

“Dengan harga 50 juta pounds, maka Anda harus menguasai posisi Anda,” sentil Sol Campbell, bek legendaris Gunners dan Inggris, seperti dikutip dari talkSPORT, Selasa (27/7).

“Namun mungkin mereka menatap beberapa tahun ke depan dan melihat masa depan. Dia bisa bermain di tengah atau sebagai bek sayap,” tambah Campbell.

Brighton memasukkan klausul jual untuk White yang hanya absen dua laga sepanjang musim lalu di Liga Premier, saat klub itu finis urutan ke-16.

Ben White lantas dipanggil manajer Gareth Southgate untuk memperkuat Inggris di Euro 2020. Dia bermain dalam dua pertandingan pemanasan melawan Austria dan Rumania, tapi tak pernah mentas saat The Three Lions menjadi runner-up Piala Eropa yang sempat tertunda setahun pagelarannya karena pandemi virus corona.

Bek kelahiran 8 Oktober 1997 itu berkontribusi besr membawa Brighton mencatatkan pertahanan terbaik di jantung pertahanan dengan hanya kebobolan 46 gol. Squawka mencatat, White menjadi pemain keenam yang paling banyak intersep di Liga Premier 2020/2021 dengan jumlah 62 kali.

Untuk urusan tekel, dia masuk urutan ke-11 dengan jumlah 49 kali. White mengungguli catatan tekel semua pemain Arsenal di musim 2020/2021, kecuali Granit Xhaka (50 kali).

“Dia harus berhasil, sebab Arsenal tidak dalam posisi mengeluarkan uang 50 juta pounds untuk seorang pemain. Dia benar-benar harus memulainya,” ucap Campbell.

“Jika ini terjadi dan tes medisnya bagus, maka dia harus langsung bekerja. Itu pembelian yang sangat mahal, ada banyak sekali uang yang keluar,” beber mantan bek sentral bertubuh bongsor tersebut.

White menjadi rekrutan musim panas ketiga manajer Mikel Arteta, setelah bek kiri Nuno Tavares dari Benfica dan gelandang Albert Sombi Lokonga dari Anderlecht.

Gunners tidak memberi tahu tentang biaya transfer Lokonga. Tapi media Inggris melaporkan bahwa kesepakatannya bernilai awal 15 juta pounds atau sekitar Rp298 miliar.

Bintang belia berusia 21 tahun itu melakukan debut seniornya untuk Anderlecht pada 2017, setelah lulus dari akademi muda klub. Dia mulai sering mendapatkan waktu bermain di musim 2019/2020 dengan 26 penampilan di semua kompetisi.

Lokonga membuktikan dirinya sebagai pemain reguler di bawah pelatih Vincent Kompany musim lalu. Dia tampil 37 kali di semua kompetisi dengan menyumbang tiga gol dan tiga assist.

“Albert adalah pemain yang sangat cerdas dan telah menunjukkan kedewasaan luar biasa dalam perkembangannya,” puji Arteta.

“Kami yakin Albert siap untuk tahap selanjutnya dalam perkembangannya. Kami menantikan untuk menyambut anggota baru ke dalam skuad kami,” pungkasnya.

Arsenal finis posisi kedelapan di Liga Premier musim lalu. Gunners akan memulai musim 2021/2022 melawan tim promosi Brentford pada 14 Agustus. (m08/tst/rtr)

 

  • Bagikan