Waspada
Waspada » APSSI Usul PSSI Lanjutkan Kompetisi
Olahraga

APSSI Usul PSSI Lanjutkan Kompetisi

JAKARTA (Waspada): Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI), mengusulkan kompetisi musim ini dilanjutkan. Hal tersebut terjadi setelah mereka melaksanakan rapat virtual dengan PSSI, Selasa (26/5).

Kompetisi musim ini terpaksa dihentikan sejak Maret lalu, dengan status force majeure. Pandemi virus corona yang melanda tanah air membuat Liga 1 dan 2, tak dapat digelar.

“Rapat ini kami membahas berbagai hal seperti kompetisi terkait situasi di pandemi virus corona dan organisasi APSSI. Teman-teman pelatih ingin kompetisi dapat dilanjutkan dengan berpegang protokoler kesehatan,” kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam laman PSSI.

“Kami mengapresiasi dan usulan APSSI dan segera melaporkan ke Ketua Umum PSSI. Kami juga berencana akan mengukuhkan APSSI sebagai anggota PSSI. Untuk kelanjutan kompetisi, kita terus menunggu hingga 29 Mei sesuai keputusan pemerintah,” tambah Yunus.

Sedangkan Ketua APSSI, Yeyen Tumena (foto) menyerahkan seluruh keputusan kepada PSSI. Terpenting, pihaknya sudah memberikan masukan tentang kelanjutan kompetisi kepada federasi sepakbola nasional tersebut.

“Sebelumnya pada awal Maret lalu kami sudah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PSSI. Kami menjelaskan apa itu APSSI termasuk program kami dan upaya peningkatan kualitas pelatih lokal Indonesia,” ucap Yeyen.

PSSI selaku federasi sepakbola Indonesia akan membahas kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2, bersama dengan perwakilan klub pada Rabu (27/5) ini.

Pertemuan tersebut bakal digelar secara virtual dan melibatkan para petinggi klub dari Liga 1 dan Liga 2. Hal itu diketahui dari undangan resmi PSSI kepada klub.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Yunus Nusi selaku Plt Sekjen PSSI, federasi mengajak para petinggi klub untuk mencermati situasi saat ini.

“Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19, maka bersama ini PSSI mengundang kesediaan Pemilik Klub Liga 1 musim kompetisi 2020 untuk dapat mengikuti rapat virtual dengan PSSI,” tulis surat tersebut.

Dari pihak Persiraja Banda Aceh, Rahmat Djailani berharap kelanjutan kompetisi jadi pembahasan utama pada rapat virtual tersebut dan dapat menghasilkan sesuati yang konkret.

“Kalau undangan dari PT LIB tidak ada, tapi undangan rapat dari PSSI ada besok. Sepertinya soal status kompetisi,” ucap Sekretaris Umum Persiraja itu.

Mencermati pernyataan Menpora Zainudin Amali ketika bertemu PSSI beberapa waktu lalu, ada harapan bahwa Liga 1 dan Liga 2 kembali digelar pada Juli dengan protokoler ketat.

PSSI memang bakal menentukan nasib kompetisi pada 29 Mei. Jika liga kembali digelar, berdasarkan surat edaran PSSI beberapa waktu lalu, makan akan kick-off 1 Juli. (m18/goal)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2