Ambisi Shin Tae-yong Balas Thailand

  • Bagikan
PSSI

HANOI (Waspada): Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (foto), menyampaikan keinginannya melakukan balas dendam terhadap Timnas Thailand dalam pertandingan semifinal SEA Games 2021 di Vietnam.

Laga Timnas Indonesia melawan Thailand akan berlangsung di Stadion Thien Truong, Kamis (19/5) sore ini mulai pukul 16.00 WIB. Jadwal itu mengalami perubahan dari sebelumnya di mana Indonesia vs Thailand semestinya digelar malam hari mulai pukul 19.00 WIB.

Shin Tae-yong sudah tiga kali bertemu Thailand sejak melatih Indonesia. Rekor pelatih asal Korsel itu melawan Thailand adalah dua kali imbang dan satu kali kekalahan.

Satu kekalahan dirasakan Shin saat Indonesia dibantai Thailand pada laga final Piala AFF 2020, 29 Desember 2021. Kini, Shin Tae-yong berambisi meraih kemenangan pertama melawan Thailand pada semifinal SEA Games 2021.

“Ada empat tim yang masuk semifinal SEA Games, Vietnam, Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Ini adalah empat tim dari wilayah yang sama, sudah sering bertemu, dan sudah mengerti satu sama lain,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga, Rabu (18/5).

“Memang kami kalah dari Thailand di Piala AFF, tapi saat ini Timnas Indonesia sudah banyak berubah. Saya akan berusaha memenangi pertandingan, mengalahkan Thailand kali ini. Ini kali pertama saya tampil di SEA Games, jadi saya merasa terhormat,” sambung Shin.

“Saya sudah punya pengalaman di Piala AFF, SEA Games ini yang pertama, setelah melalui dua pengalaman itu saya tahu Thailand, Vietnam, Malaysia, Indonesia selalu menjadi saingan berat,” tambah Shin.

Garuda Muda memiliki waktu persiapan lebih baik ketimbang Thailand. Meski demikian, Shin Tae-yong berharap timnya bisa menang dalam 90 menit dan tidak melalui adu penalti.

“Fisik pemain kami sudah capek, Thailand juga, kedua tim akan berusaha menuntaskan pertandingan dalam 90 menit. Tetapi kami sudah siap meski masuk ke babak perpanjangan waktu,” ucap Shin Tae-yong.

Shin juga mengabarkan bahwa pemain sayap Saddil Ramdani berpotensi tampil kontra Thailand, tetapi Asnawi Mangkualam dipastikan absen. Shin menyebut bahwa Saddil berada di Malaysia memperkuat klubnya Sabah FC di Liga Super Malaysia akan tiba di Vietnam.

“Namun kami akan melihat dahulu kondisinya seperti apa sebelum dipertimbangkan apakah dia akan bermain atau tidak,” ujar juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Adapun Asnawi Mangkualam Bahar, Shin melanjutkan, tidak akan turun saat berhadapan dengan Thailand lantaran akumulasi kartu kuning. Dengan demikian, Shin kemungkinan akan kembali menugaskan pemain Persija, Ilham Rio Fahmi untuk mengisi posisi bek kanan.

Shin Tae-yong meminta anak-anak asuhnya untuk fokus sepenuhnya ke pertandingan kontra Thailand. Sebab, menurut dia, Thailand merupakan salah satu tim terbaik kawasan Asia Tenggara. “Untuk lawan Thailand kami memang harus benar-benar fokus karena Thailand ini salah satu tim terbaik di Asia Tenggara,” kata Shin.

Komentar senada dilontarkan Pelatih Thailand, Alexandre ‘Mano’ Polking. Pelatih berdarah Jerman dan Brazil itu juga tidak ingin ada adu penalti dalam laga krusial Indonesia vs Thailand di semifinal SEA Games.

“Tentu saja kami ingin selesai dalam 90 menit, tapi kalau perlu diperpanjang, kami siap,” ucap Mano Polking. Menurut Polking, atmosfer suporter di stadion membuka peluang pertandingan Indonesia vs Thailand berlanjut hingga babak tambahan dan adu penalti.

Mano Polking sendiri mengaku tidak takut dengan kekuatan Indonesia pada semifinal nanti. Polking tetap yakin anak asuhnya bisa menumbangkan Tim Merah Putih dan melenggang ke babak final.

Thailand lolos ke semifinal SEA Games 2021 sebagai juara Grup B, sedangkan Indonesia lolos sebagai runner-up Grup B. Thailand dan Indonesia sama-sama memulai SEA Games 2021 dengan kekalahan sebelum bertemu di semifinal.

Thailand yang tampil dengan sepuluh pemain dikalahkan Malaysia 1-2 dalam laga pembuka, sedangkan Indonesia ditekuk tuan rumah Vietnam dengan skor 3-0.

            Laga semifinal lainnya mempertemukan juara Grup A tuan rumah Vietnam melawan runner-up Grup B Malaysia. Laga kedua tim juga diprediksi tidak kalah ketat. (m18/ant/cnni)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.