Waspada
Waspada » Alasan Kekalahan Arsenal
Olahraga

Alasan Kekalahan Arsenal

Irish Times

LONDON (Waspada): Kartu merah yang diberikan wasit Craig Pawson kepada bek sentral David Luiz (foto), menjadi alasan utama kekalahan 1-2 Arsenal di markas Wolverhampton Wanderers pada matchday 22 Liga Premier.

Sebelum pengusiran Luiz menit 45+3 itu di Stadion Molineux, Wolverhampton, Selasa (Rabu WIB), Arsenal sempat unggul berkat gol Nicolas Pepe. Pasca kartu merah bek kribo asal Brazil itu, Wolves sukses membalikkan kedudukan dengan gol penalti Ruben Neves dan gol Joao Moutinho.

“Bermain dengan 10 orang selama 45 menit di Liga Premier tanpa bek tengah, tentu itu mengubah permainan. Itu keputusan besar,” tutur Mikel Arteta, manajer Arsenal asal Spanyol, sepeti dilansir BBC, Rabu (3/2).

“Kalau mereka benar dan bisa membuktikan itu benar, saya akan angkat tangan dan meminta maaf. Cara kami kalah itulah yang bikin sakit, sungguh itu menyakitkan,” ratap Arteta.

Luiz dianggap sebagai orang terakhir di barisan pertahanan The Gunners saat terjadinya pelanggaran terhadap Willian Jose dari belakang. Keputusan wasit terhadap mantan bek Chelsea dan Paris Saint-Germain itu kemudian ditegaskan oleh VAR.

Hanya saja Arteta menilai tak ada kontak yang dilakukan Luiz dengan Jose. “Saya akan bilang iya langsung, tapi kami harus bicara dan membuat keputusan apa yang terbaik,” papar Arteta.

“Kalau mereka punya 50 angle berbeda untuk menontonnya, saya mungkin akan terkejut. Saya lihat di tujuh angle berbeda dan saya tidak lihat adanya kontak,” dalih mantan asisten manajer Pep Guardiola di Manchester City tersebut.

Gunners unggul lebih dulu menit 32 disokong aksi gemilang Pepe melewati hadangan Nelson Semedo dan Neves, sebelum melepaskan tembakan ke area tiang jauh Wolves.

Petaka bagi Arsenal dimulai saat Luiz menjegal Jose dari belakang. Ketika itu Luiz berhadapan satu lawan satu dengan kiper Bernd Leno yang segera disambut kartu merah oleh Pawson, plus hadiah hadiah penalti untuk tim tuan rumah. Neves dengan dingin memperdaya Leno untuk menyamakan kedudukan saat turun minum.

Momentum 11 lawan 10 dimanfaatkan Wolves. Menit 49 Moutinho melepaskan tembakan jarak jauh yang tak terjangkau Leno guna membawa tuan rumah berbalik mengungguli Arsenal.

Pasukan Arteta kian kewalahan untuk bangkit karena menit 72 Leno kena kartu merah. Kiper asal Jerman itu terlanjur keluar dari kotak penalti dan menangkap bola untuk menghadang peluang lawan hingga langsung diusir wasit Pawson.

Wolves yang kembali ke jalur kemenangan setelah delapan laga kini mengoleksi nilai 26, sedangkan Arsenal mengumpulkan 31 poin.

“Kami telah menunjukkan bahwa benar-benar berbeda saat 11 lawan 11. Kami memiliki kendali penuh pada babak pertama,” klaim Hector Bellerin, bek sayap Arsenal asal Spanyol.

“Kami mungkin seharusnya unggul 2-0. Kemudian kami membayar kesalahan itu,” tambah Bellerin. (m08/bbc)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2