Waspada
Waspada » Alasan Honda Ambil Pol Pengganti Alex
Olahraga

Alasan Honda Ambil Pol Pengganti Alex

Box Repsol
Box Repsol

MADRID (Waspada): Manajer Alberto Puig (foto kanan) mengaku, Tim Repsol Honda punya alasan tersendiri mengambil Pol Espargaro sebagai pebalap anyar yang menggantikan peran Alex Marquez (foto 2 kanan) pada gelaran MotoGP 2021.

Menurut Puig, Alex sebagai debutan memang seharusnya memulai karier dari tim satelit terlebih dahulu dan bukannya langsung menjadi tandem abangnya Marc Marquez (foto 2 kiri) yang mendominasi MotoGP dalam tujuh musim terakhir.

Untuk itu Alex musim depan akan turun ke tim satelit LCR Honda.

“Pada kenyataannya situasi yang ideal bagi seorang pemula untuk mendapatkan pelatihan adalah dalam tim satelit. Kami sangat tertarik dengan kemajuan Alex,” ucap Puig, seperti dikutip dari Speedweek, Selasa (14/7).

“Itulah sebabnya kami ingin dia dapat naik di LCR dengan motor pabrik. Hanya saja sedikit jauh dari tekanan besar yang dapat terjadi karena berada di tim Repsol Honda,” tambah pria Spanyol berusia 53 tahun itu.

Dia mengatakan, timnya tidak punya banyak pilihan sekaligus waktu, ketika mempromosikan Alex sebagai pengisi posisi Jorge Lorenzo yang memutuskan pensiun di akhir musim 2019.

Pilihan akhirnya jatuh kepada Alex yang baru saja menunjukkan aksi gemilang dengan menjuarai Moto2.

Namun debut MotoGP rider Spanyol berumur 24 tahun itu masih tertunda akibat pandemi virus corona yang bermula dari Kota Wuhan di China.

“Seperti yang Anda tahu, kami tanpa pembalap saat itu. Hal terbaik yang bisa kami lakukan adalah mendapatkan Alex, karena dia menjadi juara dunia. Itu kesepakatan setahun,” papar Puig.

“Saat itu kami tidak dapat berbuat lebih banyak, karena kami tidak ingin menimbulkan masalah di LCR dan mungkin ingin mendapatkan Cal (Crutchlow). Sebab LCR adalah tim yang sangat penting bagi kami dan kami tidak ingin mereka terlibat dalam masalah yang sedang berlangsung,” katanya lagi.

Puig pun menyambut gembira kehadiran Pol Espargaro dan yakin duetnya dengan Marc Marquez bisa berbuah manis.

Pol cukup berpengalaman dan merupakan lawan berat Marquez saat keduanya membalap di kelas Moto2 pada 2011 hingga 2012.

Setelah itu dia mendapat kesempatan naik ke kelas utama bersama tim satelit Yamaha.

Penampilan apiknya selama tiga musim bersama Yamaha pun menarik minat besar KTM yang merekrutnya pada 2017.

“Saya pikir Pol akan dapat mendukung dengan baik Marc, ketika dia datang untuk mengembangkan motor dan menjadi kompetitif pada saat yang sama,” klaim Puig.

Dengan berlabuhnya Pol ke Repsol Honda, kini tercatat sudah ada 15 pembalap yang memastikan tempat di MotoGP 2021, minus legenda Valentino Rossi yang belum jelas masa depannya. (m08/spw)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2