Waspada
Waspada » Alan Target Pertahankan 2 Emas APG
Olahraga

Alan Target Pertahankan 2 Emas APG

Waspada/Arianda Tanjung

MEDAN (Waspada): Atlet National Paralympic Committee (NPC) Sumut, Alan Sastra Ginting (foto), bertekad mempertahankan raihan medali emas Asean Para Games (APG) 2020 Filipina, 18-25 Marat. Sebelumnya pada APG 2017 Malaysia, Alan menyumbang 2 medali emas.

Pada APG tahun ini, Alan akan bermain di tiga nomor, yakni lempar cakram, lempar lembing, dan tolak peluru F57 putra. Lempar cakram menjadi nomor spelisiasinya. Begitu juga di nomor tolak peluru, sejauh ini ada peningkatan jarak tolakan selama di Pelatnas.

“Peluang andalan saya di lempar cakram. Nomor tolak peluru ada peluang juga karena perkembangan latihan ada peningkatan dari dua tahun lalu. Harapan tim pelatih saya diprediksi harus dapat 2 medali emas,” ucap Alan di Sekretariat NPC Sumut, Kamis (23/1).

Target 2 emas dikatakan Alan bukan ucapan semata. Sejauh ini dari hasil latihan yang dijalani selama mengikuti Pelatnas di Solo sejak Mei 2019, ada peningkatan signifikan. Untuk nomor lempar cakram, lemparan terbaiknya saat ini 43,50 meter. Begitu juga di nomor tolak peluru dari semula 11,04 meter meningkat menjadi 11,30 meter.

“Kalau di lempar cakram lemparan terbaik di APG tahun 2017 sejauh 41,80 meter dan sekarang bisa sampai 43,50 meter . Sedangkan tolak peluru terbaik saya di Kuala Lumpur 11,04 meter dan terakhir latihan bisa 11,30 meter,” ujarnya.

Alan tidak menapik untuk meraih target 2 emas tidak mudah. Apalagi sejumlah negara pesaing juga telah mempersiapkan atletnya dengan baik seperti Malaysia, Vietnam, dan Thailand. “Tapi Insya Allah saya bisa tampil maksimal memenuhi target,” katanya. (cat)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2