Askot PSSI Binjai Segera Gelar Kongres - Waspada

Askot PSSI Binjai Segera Gelar Kongres

  • Bagikan
PERWAKILAN klub-klub anggota Askot PSSI Binjai pose bersama Plt Ketua Askot PSSI Binjai Barja Suihan SSos dan sejumlah pengurus Asprov PSSI Sumut. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Asosiasi Kota Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Askot PSSI) Binjai segera menggelar kongres. Pelaksanaan kongres setelah masa kepengurusan induk organisasi sepakbola di Kota Binjai tersebut telah lama berakhir.

Plt Ketua Askot PSSI Binjai, Barja Suihan SSos, mengatakan pihaknya telah membentuk sekaligus mengeluarkan surat keputusan (SK) kepanitiaan Kongres Askot PSSI Binjai, termasuk susunan personalia komite pemilihan dan komite banding.

“Agenda utama kongres adalah memilih Ketua Umum, Wakil Ketua dan Anggota Exco. Namun sebelum panitia melasanakan tugasnya, terlebih dahulu kita melakukan verifikasi keabsahan klub-klub anggota Askot PSSI Binjai,” ujar Barja Suihan, Senin (3/8).

Barja pada Minggu (2/8) telah melakukan pertemuan dengan 14 klub yang akan menjadi peserta kongres. Pertemuan dengan klub-klub turut dihadiri pengurus Asprov PSSI Sumut, di antaranya Sekum Ir Fityan Hamdy, Wasekum Muhammad, dan Komite Kompetisi M Ridwan.

Ke-14 klub yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah PS Binjai Putra, Diklat Setia, Bonjol Putra, Korem FC, Torpedo FC, Tandem Putra, Binjai United, Generasi Muda, Tunas Jaya, Bintang Muda Binjai, POP Polres, Binjai Soccer, KTB Binjai, Tanti Putra.

Namun dari 14 klub sepakbola di Binjai yang hadir dalam pertemuan tersebut banyak yang belum memiliki legalitas klub seperti akta pendirian maupun SK kepengurusan klub.

“Untuk itu kita selesaikan dulu masalah legalitas agar klub-klub segera melengkapinya. Kita berikan waktu kepada klub-klub untuk melengkapi administrasi klubnya hingga 9 Agustus mendatang,” ujar Barja yang juga Wakil Ketua Asprov PSSI Sumut.

Lebih lanjut Barja mengatakan, setelah klub-klub menyelesaikan masalah legalitas, maka tahapan persiapan pelaksanaan kongres sudah bisa dimulai yang diawali dengan penjaringan bakal calon ketua, wakil ketua dan anggota Exco.

“Kita harapkan pada bulan Agustus ini juga kongres sudah bisa digelar. Sehingga roda organisasi Askot PSSI Binjai dapat segera berjalan. Apalagi sudah hampir dua tahun kepengurusa Askot Binjai ini vakum,” jelas Barja.

Segera Terlaksana

Sekum Asprov PSSI Sumut, Ir Fityan Hamdy, juga berharap Kongres Askot PSSI Binjai segera terlaksana. Sehingga roda organisasi kembali berjalan dan pembinaan sepakbola di Binjai dapat kembali bergairah, di mana Binjai memiliki banyak bibit pesepakbola andal.

“Pandemi Covid-19 memang turut menjadi penghambat pelaksanaan Kongres Askot PSSI Binjai. Namun sekarang kondisinya sudah sedikit longgar, istilahnya sudah new normal. Jadi agenda kegiatan yang tertunda kita harapkan dapat segera dilaksanakan,” ujar Fityan.

Adapun susunan personalia kepanitiaan Kongres Askot PSSI Binjai terdiri atas Penanggung Jawab Plt Ketua Askot PSSI Binjai, Ketua Muliadi, Sekretaris Khairiansyah SE, Bendahara Hafiz Israk dan panitia bidang lainnya.

Komite Pemilihan & Komite Banding terdiri atas Penanggung Jawab Plt Ketua Askot Binjai, Ketua Komite Pemilihan Ambrita (Diklat Setia), Wakil Ketua T Putra Nusantara (Bintang Muda), Anggota: Dhana Handika (POP Polres), Amran (Tandem Putra), M Iqbal (Tuna Jaya).

Ketua Komite Banding Azuan Lubis (Binjai Putra), Wakil Ketua Muhammad Yunus (Deklat Setia), Anggota Sandi Prasetia (Torpedo FC). (m18)

  • Bagikan