AHM Awali Penggunaan Taman Lalu Lintas Anak

  • Bagikan
PARA Instruktur Safety Riding memberikan materi etika berlalu lintas bagi anak-anak di Taman Lalu Lintas Anak, Kalihurip, Jawa Barat. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) pada Selasa (16/11) telah mengawali penggunaan Taman Lalu Lintas Anak (TLLA) Desa Kalihurip, Jawa Barat, dengan mengajarkan anak-anak usia dini mengenal lebih jauh tentang keselamatan berkendara di jalan raya.

Edukasi calon generasi penerus bangsa yang dipandu langsung oleh enam instruktur safety riding Honda ini diharapkan dapat menjadi awal dari upaya membangun budaya keselamatan berkendara yang berkelanjutan di masa depan.

TLLA Kalihurip dibangun Yayasan AHM pada 2020 yang saat ini tercatat sebagai satu-satunya fasilitas edukasi keselamatan berkendara dimiliki desa di Indonesia. Sebagai langkah perubahan awal, TLLA Kalihurip dijalankan dengan memberikan materi keselamatan berkendara bagi 15 siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nurul Hidayah, Kalihurip.

Materi edukasinya disiapkan untuk anak dengan usia rentang 4-9 tahun dengan materi pengenalan rambu dan lampu lalu lintas, penggunaan riding gear dengan tepat dan manfaatnya, praktek bersepeda di lintasan atau course dengan memperhatikan rambu dan menyeberang dengan aman.

Anak-anak usia dini ini mendapat materi edukasi keselamatan berkendara dari para pengajar yang sebelumnya sudah dilatih oleh para instruktur safety riding AHM. Para pengajar di TLLA Kalihurip ini merupakan putra/putri daerah yang memiliki profesi guru PAUD & SD serta tokoh agama yang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi anak didik dan masyarakat setempat. Salah satunya adalah Nani Suryaniyang merupakan instruktur sekaligus guru Sekolah Dasar Negeri 2 Kalihurip.

“Kami warga Desa Kalihurip sangat senang dengan dibangunnya TLLA yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak dan masyarakat di sekitar desa. TLLA ini perwujudan itikad baik dari perusahaan yang berada di Kalihurip untuk terus peduli dan berkontribusi memajukan warga, tidak hanya secara bangunan fisik namun juga melalui sarana dan pelatihan berkala untuk mewujudkan keselamatan berkendara,” ungkap Nani.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan dukungan penuh terhadap pentingnya keselamatan berkendara menjadi salah satu visi YAHM dan telah dilakukan sepanjang dua dekade ini. 

“Pembangunan fasilitas dan sarana prasarana safety riding di Kalihurip, pelatihan tenaga pengajar hingga pelaksanaan program keselamatan berkendara di TLLA ini disuperivisi tim Astra Honda License Instructor (AHLI) sebagai instruktur safety riding unggul,” katanya.

“Karena itu kami mendidik calon generasi penerus ini saat mereka berada di usia yang mudah menyerap dan mengingat informasi yang mereka pelajari. Materi edukasinya disusun dengan cara yang menyenangkan dan berhubungan dangan keseharian anak-anak sehingga mereka dapat mengikuti materinya dengan mudah,” tambah Muhibbuddin.

Gunarko Hartoyo, Corporate Communication and Sales Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan upaya memberikan fondasi yang kuat bagi anak-anak usia dini dalam hal keselamatan berkendara sangatlah penting.

“Karena itu, Honda mendidik calon generasi penerus ini saat mereka berada di usia yang mudah menyerap dan mengingat informasi yang mereka pelajari. Selain itu, materi edukasinya disusun dengan cara yang menyenangkan dan berhubungan dangan keseharian anak-anak sehingga mereka dapat lebih muda mengikuti materi yang diberikan,” ucap Gunarko. (rel)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *