Aceh Lewati Prestasi PON Jawa Barat - Waspada

Aceh Lewati Prestasi PON Jawa Barat

  • Bagikan
SALAH satu aksi Seni Gerak Putri Kodrat Aceh yang sumbang medali emas di babak final PON XX Papua di Gor Timika, Selasa (12/10). Waspada/ist

JAYAPURA (Waspada): Kontingen Tanah Rencong di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 mencatat sejarah baru. Aceh sukses melewati prestasi PON saat digelar di Jawa Barat. Perolehan medali di Jabar menjadi yang terbaik sebelom PON Papua digelar.

Kini, Tanah Papua pada ajang multi event empat tahunan itu, Aceh sudah mencatatkan prestasi baru meski PON belum berakhir. Hingga Selasa (12/10), Aceh sudah mengumpulkan 25 keping medali, diantaranya 10 emas, 6 perak dan 9 perunggu.

Ada empat tambahan medali emas Kontingen Aceh. Keempat medali emas itu hadir dari klaster Kota Timika. Tiga medali emas tarung derajat dan satu dari atletik. Dari tarung derajat, emas didapat dari aksi pada nomor seni yang dipertandingkan.

Diantaranya, nomor seni gerak bertahan menyerang (putra) yang diikuti atlet M Iqbal Ismail, Juanda dan Imran. Medali emas lainnya dari nomor Seni Gerak Tarung (Getar) Berpasangan Putra, oleh Juanda dan M Iqbal Ismail.

Satu emas lagi dipersembahkan nomor Seni Gerak Tarung (Getar) Campuran, dua putra dan dua putri, yakni oleh atlet Juanda, M Iqbal Ismail, Teta Arum Darandi dan Ella Marlisa.

Sekretaris Umum KONI Aceh, M Nasir Syamaun mengatakan capaian 10 emas hingga hingga Selasa, sudah melewati target pertama, yaitu melewati perolehan medali saat PON Jabar 2016. “Dan ini hampir memenuhi target dari KONI Aceh, 12 emas,” ungkap dia. 

Kata dia, hingga kini para atlet terus berjuang untuk memenuhi arahan Ketua Umum KONI, Muzakir Manaf yang meminta pengurus KONI mengejar dan memperjuangkan 14 medali emas di Papua.

Ia mengatakan, beberapa peluang lain yang dapat dimanfaatkan untuk kembali menambah emas adalah melalui Kempo di kelas 55 Kg atas nama Maisarah yang akan berlaga di partai final Rabu (13/10) hari ini.

Hal yang sama juga bisa diperjuangkan kembali di partai final sepakbola pada 14 Oktober 2021, ketika Aceh berhadapan dengan Papua di final. Beberapa cabor lain yang masih bertanding dan berpotensi meraih medali untuk Aceh, diantaranya terjun payung, renang, layar, Rugby putra dan putri, menembak, selam dan biliar.

Seperti diketahui, di PON Jawa Barat merupakan prestasi terbaik Aceh dengan catatan 8 medali emas, 7 perak, dan 9 perunggu. Di PON XVIII/2012 Riau, Aceh cuma bisa mendulang 3 emas, 5 perak, serta 18 perunggu.

Saat PON Jabar, peringkat Aceh pun melonjak drastis. Bila pada PON Riau, Aceh cuma bercokol di peringkat 25 dari 33 provinsi. Pada PON XIX/2016 Jabar, posisi Aceh tembus 20 besar tepatnya di peringkat ke-17. (b04/C)

  • Bagikan