Aceh Gelar Tour de Sabang 2021 - Waspada

Aceh Gelar Tour de Sabang 2021

  • Bagikan
Waspada/ist

BANDA ACEH (Waspada): Pemerintah Aceh melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) akan menggelar balap sepeda Tour de Sabang 2021.

Kegiatan tersebut sebagai upaya mempromosikan pariwisata Pulau Weh Sabang sekaligus persiapan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara.

Kadispora Aceh Dedy Yuswadi melalui Kepala Bidang P3O Teuku Bustamam (foto), Rabu (17/11), mengatakan Tour de Sabang 2021 akan dilaksanakan pada 26-28 November 2021. Pendaftaran peserta event perdana di Aceh itu tidak dipungut biaya.

“Dari rencana awal kegiatan Tour de Sabang tidak ada pungutan biaya pendaftaran, sekali lagi saya tegaskan pada pelaksanaan event Tour de Sabang, pendaftarannya gratis,” kata Teuku Bustamam dalam keterangan diterima di Banda Aceh, Rabu (17/11).

Tour de Sabang 2021 merupakan perlombaan balap sepeda road race yang masuk dalam kalender Uni Internationale Cycliste (UIC) granfondo pada kategori Cycling For All. Perlombaan balap sepeda itu berdasarkan indiviual time.

Pemerintah Aceh, kata Teuku Bustamam, akan mengakomodir semua kebutuhan terkait pelaksanaan event, sesuai ketersediaan dana yang telah ditentukan di Dispora Aceh tahun 2021.

Oleh karena itu, pendaftaran event Tour de Sabang gratis, kecuali bagi peserta yang ingin difasilitasi, maka pihak event organizer (EO) menyediakan paket berbayar sesuai standar.

Pelayanan mulai dari kedatangan di Bandara Sultan Iskandar Muda Ace Besar, angkutan ke Sabang, akomodasi dan konsumsi hingga kembali lagi ke bandara.

“Paket dengan pilihan standar yang disediakan oleh EO, itu sepenuhnya dikelola oleh EO, tidak ada kaitannya dengan kami,” kata Teuku Bustamam.

Bagi peserta dari luar daerah yang ingin melakukan pendaftaran, dapat segera register di situs www.tourdesabang.com. Peserta juga dapat sekaligus melakukan registrasi untuk paket berbayar yang disediakan layanan oleh pihak EO.

Ia menambahkan, Tour de Sabang merupakan program Pemerintah Aceh dalam rangka pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga, khususnya balap sepeda. Selain untuk mempromosikan Pulau Weh Sabang, tentu kagitan itu juga merupakan impian dan urai kerja Pengprov Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Aceh.

“Kita perlu melakukan upaya peningkatan prestasi cabor balap sepeda ini sebagai bagian dari upaya berbenah dalam rangka persiapan tuan rumah PON XXI 2024 di Aceh,” katanya.

Persiapan Tour De Sabang telah mencapai 80 persen. Sementara calon peserta yang telah mendaftar juga sudah mencapai 101 peserta dari target 300 peserta.

“Saat ini tinggal koordinasi antar pihak, terkait pengamanan setempat. Terkait produk dan item lain yang berhubungan pelaksanaan event juga sudah berjalan,” ucapnya. (b04/C)

  • Bagikan