161 Atlet Ikut Sirkuit II Archery Championship - Waspada

161 Atlet Ikut Sirkuit II Archery Championship

  • Bagikan
WAGUBSU Musa Rajekshah didampingi Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis, Bupati Asahan Surya pose bersama atlet panahan saat pembukaan Sirkuit II Archery Championship. Waspada/Sapriadi/B

Piala Wagubsu Musa Rajekshah

KISARAN (Waspada): Sejumlah 161 atlet panahan mengikuti Sirkuit II Archery Championship Perpani Sumut 2021 di Kisaran, Kabupaten Asahan. Kejuaraan ini memperebutkan Piala Wagubsu Musa Rajekshah.

Wagubsu saat membuka kejuaraan mengatakan pertandingan ini bukan saja untuk merebut juara, namun sebagai pencarian bibit atlet dalam persiapan PON 2024, di mana Sumut akan menjadi tuan rumah bersama Aceh.

Menurut Wagubsu, untuk mencapai prestasi harus ada dorongan semangat dari diri sendiri, dengan menumbuhkan semangat juara. Oleh sebab itu, kata Wagubsu, dalam melakukan pembinaan, diharapkan Perpani Sumut menggelar banyak pertandingan dengan kalender kegiatan yang rutin.

“Sehingga kemampuan para atlet bisa terus dijaga dan ditingkatkan, terutama dalam menjunjung semangat sportivitas. Tidak sombong dalam kemenangan dan tidak berputus asa dalam kekalahan,” jelas Wagubsu.

Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis, mengatakan panahan cukup banyak diminati di Sumut, oleh sebab itu melalui kegiatan ini, diharapkan bisa melahirkan atlet berprestasi sebagai cikal bakal atlet PON 2024 Aceh-Sumut.

“Berharap dengan adanya pertandingan ini kemampuan dan prestasi atlet bisa terus ditingkatkan, sehingga bisa melahirkan atlet yang berprestasi,” jelas John. 

Ketua Panitia Sirkuit II Archery Championship Perpani Sumut 2021 Efi Irwansyah Pane, dalam sambutannya saat pembukaan di Lapangan Universitas Asahan (UNA), Jumat (22/10), menjelaskan kegiatan ini berlangsung 22-24 Oktober 2021.

Berdasarkan data, ada 161 atlet yang ikut berlaga dari sembilan kabupaten/kota (Langkat, Medan, Sergai, Tebingtinggi, Batubara, Pematangsiantar, Deliserdang, Tanjungbalai, dan tuan rumah Asahan) yang terbagi enam divisi (Junior A, Standar Bow Junior B, Standar Bow Nasional, Compound, Recurve dan Barebow).

“Ini merupakan suatu penghargaan bagi kami (Asahan), karena sebagai tuan rumah dan kegiatan ini tentunya akan menjadi ajang tolak ukur bagi kemampuan atlet,” ujar Efi yang juga Ketua Pengkab Perpani Asahan.

Efi mengatakan, untuk cabor panahan di Asahan peminat cukup tinggi, karena hampir seluruh pesantren di Asahan walaupun hanya tradisional selalu melakukan latihan.

Oleh sebab itu, diharapkan Perpani Sumut melakukan pelatihan untuk pelatih, sehingga olahraga ini bisa berkembang di Asahan dengan baik dan melahirkan atlet yang berprestasi.

“Untuk saat ini, Asahan masih kurang pelatih untuk melatih atlet, dalam kesempatan ini kami berharap adanya pelatihan untuk pelatih panahan,” jelas Efi. (a02/a19/a20/C)

  • Bagikan