Waspada
Waspada » Uang Visa Jamaah Terdampak Kebijakan Corona, Masuk Rekening IBAN Saudi
Nusantara

Uang Visa Jamaah Terdampak Kebijakan Corona, Masuk Rekening IBAN Saudi

JAKARTA (Waspada): Terkait skema pengembalian uang visa jamaah umrah yang terdampak kebijakan Arab Saudi terkait Corona Virus Baru (Covid-19), Sekretaris Jenderal Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), Firman Nur kepada WASPADA di Jakarta menjelaskan, pengembalian dana visa jamaah umrah yang mendaftar melalui perusahaan perjalanan umrah atau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) tidak diberikan langsung ke jamaah.

PPIU pun harus mengajukan permohonan kepada pihak Arab Saudi, agar dana visa bisa disimpan sambil menunggu kebijakan penangguhan umrah berakhir.

Jika permohonan diterima, maka dana tersebut di kembalikan ke akun International Bank Account Number (IBAN) masing-masing provider visa untuk disimpan atau disebut dana standby (siaga).

“Dan pada saat masa penundaan umrah sudah dicabut, jamaah yang tertunda keberangkatannya dan visa mereka telah habis masa berlakunya, maka dapat diajukan permohonan visa baru dengan mempergunakan dana pengembalian yang sudah tersimpan di account IBAN untuk pembayaran issued visa baru,” kata Firman.

Firman berharap masyarakat, khususnya pelanggan travel umrah tidak mengartikan kalau biaya visa yang mencapai Rp2,5 juta per jamaah itu, dapat diambil tunai.

“Uangnya standby di rekening IBAN milik Pemerintah Arab Saudi, dan itu memang bagian dari perjanjian yang telah disepakati bersama antara para pengusaha travel haji dan umrah di Indonesia dengan Saudi. Jadi ini memang tidak bisa dikembalikan ke jamaah,” jelasnya.

Meski demikian, sudah ditentukan bahwa jamaah yang masuk daftar tertunda, akan mendapat kesempatan pertama begitu larangan masuk dilepas Arab Saudi.

Selain visa, seluruh biaya terkait perjalanan umrah seperti tiket pesawat dan hotel tidak dapat dikembalikan. Semuanya akan disimpan sampai kebijakan Arab Saudi menunda masuknya jamaah umrah dan perjalanan wisata ke negaranya, berakhir. (dianw/B)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2